bar-merah

Transplantasi karang di Alung Banua pakai metode MARSS

Foto: Balai Taman Nasional Bunaken

MANADO, ZONAUTARA.com – Balai Taman Nasional Bunaken (BTNB) mengimplementasikan metode mars accelerated coral reef restoration system (MARRS) saat melakukan transplantasi karang di perairan sekitar Dermaga Alung Banua, pulau Bunaken, Manado.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu (5/10/2019) bertujuan sebagai upaya pemulihan ekosistem di perairan taman nasional tersebut.

Metode MARSS adalah pengembangan struktur koral melalui rangka laba-laba untuk mencangkok terumbu karang yang dinilai mampu mengembalikan fungsi dan struktur terumbu karang, sekaligus menyediakan dasar untuk pemulihan habitat.

Transplantasi ini ikut juga mengajak mitra seperti Pemerintah Kota Manado yang diwakili oleh Pemerintah Kecamatan Bunaken Kepulauan, dive center, masyarakat, bahkan pelajar Sekolah Dasar di Alung Banua.

Kepala BTNB, Farianna Prabandari menyambut baik antusias semua pihak yang terlibat.

“Kita berkomitmen dan mengajak para pihak untuk bersama-sama menjaga dan melestarikan karang. Kita sama-sama ketahui, karang tidak hanya menyajikan keindahan, tetapi juga sebagai habitat ikan berkembang dan memijah,” jelas Farianna.

Walikota Manado dalam sambutan yang disampaikan oleh Camat Bunaken Kepulauan Robert Dauhan menyampaikan, Pemerintah Kota Manado sangat mengapresiasi kegiatan ini.

“Potensi kekayaan alam ini tidak hanya dimiliki oleh Kota Manado atau Sulawesi Utara tetapi juga Indonesia, bahkan Dunia. Menjaga dan melestarikan ekosistem Taman Nasional Bunaken bukan hanya kewajiban tetapi menjadi kebutuhan kita semua, karena sejatinya kekayaan alam ini diciptakan untuk kemaslahatan kita semua dan generasi yang akan datang.” ujar Dauhan.

Lebih lanjut Dauhan menyebut bahwa kegiatan transplantasi adalah wujud nyata kesadaran akan pentingnya menjaga ekosistem secara berkelanjutan, khususnya menjaga kelestarian Taman Nasional Bunaken, sebagai keseimbangan ekosistem laut.

“Kiranya kegiatan ini menjadi stimulan untuk menumbuhkan kesadaran menjaga kelestarian Taman Nasional Bunaken sebagai aset bangsa dan bagian integral dari kehidupan kita, tutup Dauhan mengutip sambutan Walikota Manado.

Editor: Ronny Adolof Buol



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com