Dari Yasin Limpo hingga Zainudin Amali sudah ke Istana, Olly belum terlihat

Ronny Adolof Buol
Penulis Ronny Adolof Buol
Bos Gojek Nadiem Makarim. (Suara.com/Ummi Hadyah Saleh)



ZONAUTARA.com – Hingga Selasa (22/10/2019) pukul 15.30 WITA, sudah ada belasan tokoh yang terlihat mendatangi Istana Negara. Sebagaimana diketahui sejak Senin (21/10) kemarin, Presiden Joko Widodo mengundang para calon menterinya untuk bertemu langsung dengannya di Istana.

Hari ini yang terlihat datang adalah Wakil Bendahara Umum PDIP Juliari Batubara dan Plt Ketua Umum PP Soeharso Monoarfa, Basuki Hadimuljono, Bahlil Lahadalia, politikus PKB Ida Fauziyah, serta Ketua Tim Bravo-5 Jenderal Purn Fachrul Razi.

Kemudian Mantan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, mantan Gubernur Sulsel dari NasDem Syahrul Yasin Limpo, mantan Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, Ketua DPRD Jawa Timur fraksi PKB Abdul Halim Iskandar, Politikus Partai Golkar Zainudin Amali dan mantan Menteri KLHK Siti Nurbaya.

Sejak kemarin Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey yang dalam waktu setidaknya sebulan terakhir terus disebut-sebut sebagai calon menteri Jokowi tidak tampak hadir.

Justru yang terlihat mendatangi Istana adalah Bupati Minahasa Selatan, Tetty Paruntu. Tetty menjadi tokoh kedua yang datang ke Istana sesudah Mahfud MD pada Senin pagi kemarin.

Meski kemudian kedatangan Tetty ke Istana diklarifikasi oleh pihak Istana tidak termasuk dalam calon menteri, tapi setidaknya kemunculan Tetty telah sedikit memberikan harapan kepada masyarakat Sulut akan representatif orang Sulut di Kabinet Kerja Jokowi Jilid II.

Selain Tetty dan Mafhud MD yang kemarin mendatangi Istana, beberapa tokoh lain yang diundang Presiden adalah mantan Ketua TKN Jokowi-Ma’ruf Erick Thohir, pendiri NET Mediatama Wishnutama, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, CEO Gojek Nadiem Makarim, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, dan Wakil Ketua Umum Gerindra Edhy Prabowo.

Adapula Komisaris Utama PT Adhi Karya Fadjorel Rahman, Kapolri Tito Karnavian lalu Praktikno dan Nico Harjanto, mantan Staf Khusus Sekretaris Kabinet.

Menurut Mahfud, Jokowi akan memberi pengumuman resmi susunan Kabinet Pemerintahannya bersama Ma’ruf Amin pada Rabu (23/10) besok.

“Rabu jam 07.00 WIB, nanti diperkenalkan semua. Kalau ini kan dipanggil satu-satu. Jam 9 penyerahan SK (surat keputusan). Sesuadah itu pelantikan,” ujar Mahfud Md, Jakarta, Senin.

Apakah tidak ada tokoh Sulut yang mengisi posisi pembantu Presiden dalam lima tahun kedepan? Waktu tersisa masih cukup panjang, dan Jokowi suka memberi kejutan.

Editor: Ronny Adolof Buol



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Follow:
Pemulung informasi dan penyuka fotografi
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com