Connect with us

ZONA DAERAH

Rakor Tim Pakem, bahas toleransi dan kerukunan umat beragama

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com Pengawasan terhadap aliran kepercayaan dan keagamaan terus dioptimalkan Tim Pengawasan Aliran Kepercayaan dan Aliran Keagamaan Masyarakat (Pakem) KOTA Tomohon tahun 2019.

Salah satunya dengan menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) yang dilaksanakan di Aula Kejaksaan Negeri (Kejari) Tomohon, Selasa (22/10/2019).

Ketua Tim Pakem yang juga Kepala Kejari (Kajari) Tomohon Edy Winarko diwakili Wakil Ketua Wilke Rabeta mengatakan, dalam rakor tersebut, dibahas upaya Tim Pakem dalam mempertahankan toleransi dan kerukunan antarumat beragama di Kota Tomohon.

Menurut dia, ada sejumlah kesimpulan yang dihasilkan dalam Rakor tersebut.

“Yaitu, Tim Pakem di Kota Tomohon merupakan wadah bagi masyarakat Kota Tomohon untuk dapat melaporkan apabila ada suatu aliran kepercayaan dan aliran keagamaan masyarakat yang dapat melanggar ketertiban umum atau menimbulkan gangguan bagi kerukunan umat beragama Kota Tomohon,” ujar Wilke yang juga Kepala Seksi (Kasi) Intelijen Kejari Tomohon didampingi Kasubsi A pada Seksi Intelijen selaku Sekretaris Tim Pakem Mariska J.S Kandou.

Menurut dia, Tim Pakem juga melakukan pengawasan secara intensif dan persuasif ,serta untuk pembinaan dan pengawasan aliran kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

“Tujuannya, adalah agar kepercayaan terhadap Tuhan Yang Esa tidak mengarah kepada pembentukan agama baru, kemudian dapat mengambil langkah-langkah atau tindakan terhadap aliran-aliran kepercayaan yang dapat membahayakan masyarakat dan negara, serta pelaksanaan aliran kepercayaan benar-benar sesuai dengan dasar Ketuhanan Yang Maha Esa menurut dasar kemanusian yang adil dan beradab,” pungkasnya.

Turut hadir dalam Rakor para Anggota Tim Pakem, masing-masing Kasat Intelkam Polres Tomohon AKP Parura Amping, Pasi Intel Kodim 1302 Minahasa Kapten Inf Donny Lumenta, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tomohon Pdt Simon Rawis, Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Pdt Fonny Roring, Kabid Ketahanan Ekonomi, Sosial budaya dan Organisasi Kemasyarakatan Kesbangpol Kota Tomohon Adriana Makalew, serta Camat Tomohon Tengah dan sejumlah Lurah.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia

ZONA DAERAH

Pemkot Tomohon gelar upacara peringatan Hari Pahlawan

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.comPemerintah Kota (Pemkot) Tomohon menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Pahlawan tahun 2019, di lapangan Stadion Parasamya, Walian, Minggu (10/11/2019) sore.

Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman bertindak langsung sebagai Inspektur Upacara (Irup).

Dalam kesempatan itu, Eman membacakan sambutan Menteri Sosial RI Juliari P Batubara.

Dia mengatakan, setiap Hari Pahlawan kita dingatakan kembali pada peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya sebagai salah satu momen paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

Peristiwa perang, kata Eman, mengingatkan bahwa kemerdekaan yang dirasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri.

Menurut dia, semangat itulah yang perlu terus ditumbuhkembangkan di dalam hati sanubari segenap insan warga Negara Indonesia.

“Melalui peringatan hari Pahlawan ini diharapkan kita akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan,” ujarnya.

Dia menjelaskan, menjadi Pahlawan Masa Kini sesuai tema hari pahlawan tahun ini, dapat dilakukan seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainya.

“Dengan menjadi diri sendiri kita sebagai Pahlawan Masa Kini, maka permasalahan yang melanda bangsa dewasa ini dapat teratasi. Untuk itu, marilah kita terus menerus berupaya memupuk nilai kepahlawanan agar tumbuh subur dalam hari sanubari segenap insan masyarakat Indonesia,” pungkasnya.

Turut hadir dalam upacara ini Ketua DPRD Kota Tomohon Djemmy J. Sundah, Kapolres Tomohon diwakili Kapolsek Tomohon Selatan Iptu Widodo, Kajari Tomohon diwakili Jaksa Deri Rahman, Dandim 1302 Minahasa diwakili Kasdim 1302 Minahasa Mayor Inf. Feky Welang, Kakan Kemenag Tomohon diwakili Kasie Bimas Kristen Pdt Nova Maleke, S.Th, jajaran Pemkot Tomohon, jajaran TNI/Polri, Tokoh Agama, serta seluruh ASN dan nakon.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia
Continue Reading
Advertisement

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com