Connect with us

Lingkungan dan Konservasi

Tiga merk global jadi pencemar plastik terburuk, Coca-Cola nomor satu

Netsle dan PepsiCo berada di urutan setelahnya.

Bagikan !

Published

on

Foto: Break Free From Plastic

ZONAUTARA.com – Tiga merek global yakni Coca-Cola, Nestle dan PepsiCo menjadi merek terburuk untuk polusi plastik tahun ini. Posisi ketiganya tak berubah dari tahun lalu.

Sebuah laporan dari Break Free From Plastic yang berjudul, “BRANDED Volume II: Identifying the World’s Top Corporate Plastic Polluters” menyebutkan bahwa Coca-Cola adalah perusahaan yang memberikan kontribusi terburuk dalam polusi plastik.

Pada bulan September, organisasi ini melakukan 484 pembersihan pantai di lebih dari 50 negara dan mendata merek apa saja yang ditemukan pada sampah plastik.

Sebanyak 11.732 potong plastik yang dikumpulkan selama pembersihan itu berasal dari produk Coca-Cola. Bahkan jumlah sampah plastik dari Coca-Cola melebih jumlah gabungan dari tiga merek dibawahnya.

Perusahaan lain yang masuk 10 besar pencemar adalah Mondelēz International, Unilever, Mars, P&G, Colgate-Palmolive, Phillip Morris, dan Perfetti Van Melle.

#breakfreefromplastic

Koordinator global di Break Free From Plastic Von Hernandez mengatakan, laporan ini memberikan lebih banyak bukti bahwa perusahaan sangat perlu melakukan lebih banyak aksi untuk mengatasi krisis polusi plastik yang mereka buat.

“Ketergantungan mereka yang berkelanjutan pada kemasan plastik sekali pakai diterjemahkan untuk memompa lebih banyak plastik yang dibuang ke lingkungan. Daur ulang tidak akan menyelesaikan masalah ini,” kata Von Hernandez.

Kepala kampanye plastik laut Greenpeace Inggris, Louise Edge, mengatakan bahwa merek-merek itu akan terus menjadi pencemar terburuk selama bertahun-tahun yang akan datang, kecuali mereka secara radikal mengubah kebijakan mereka.

“Perusahaan-perusahaan ini memiliki sumber daya untuk menghasilkan kemasan inovatif yang dapat digunakan kembali dan diisi ulang. Tetapi sebaliknya mereka fokus pada daur ulang atau bertukar dari satu kemasan sekali pakai ke yang lain. Kami mendesak pencemar plastik ini untuk fokus beralih ke kemasan yang dapat digunakan kembali dan diisi ulang sekarang,” kata Edge.

Editor: Ronny Adolof Buol

Bagikan !

Lingkungan dan Konservasi

8 wilayah berpotensi hujan lebat 2-4 Januari, termasuk Sulut

BMKG merilis peringatan dini cuaca ekstrem.

Bagikan !

Published

on

Ilustrasi hujan (Pixabay.com)

ZONAUTARA.com – Sulawesi Utara beserta beberapa wilayah lainnya di Indonesia berpotensi diguyur hujan lebat pada 2-4 Januari 2020. Prakiraan itu berdasarkan prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Menurut Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Drs. R. Mulyono Rahardi Prabowo M.Sc, BMKG merilis peringatan dini cuaca ekstrem berdasarkan hasil pemantauan yang dilakukan pada Kamis (2/1) pukul 13.22 WIB.

Adapun hasil pantauannya adalah sebagai berikut:

  • Sirkulasi siklonik terpantau di Kalimantan Tengah (925/700 mb), Samudera Hindia selatan Jawa Timur (925/850 mb), dan Laut Timor (925/700 mb).
  • Adanya konvergensi yang terbentuk memanjang dari Samudera Hindia Barat bengkulu melewati Lampung hingga Banten, Perairan Utara Nusa Tenggara hingga Papua.
  • Belokan angin terdapat di Sumatera bagian Tengah, Kalimantan, Sulawesi bagian tengah, Maluku dan Papua Barat.
  • Low level jet dengan kecepatan angin diperkirakan mencapai lebih dari 25 knot terdapat di Teluk Thailand hingga Perairan utara Aceh, Laut Cina Selatan, dan Samudera Pasifik Timur Filipina hingga Laut Sulawesi.

Wilayah yang diprediksi diguyur hujan lebat

Berdasarkan pantauan tersebut, berikut daftar wilayah yang berpotensi hujan lebat pada 2-4 Januari 2020 adalah:

  1. Lampung
  2. Banten
  3. Bali
  4. Kalimantan (Tengah dan Timur)
  5. Jambi
  6. Sulawesi (Selatan, Utara,Tengah, Barat, dan Tenggara)
  7. Gorontalo
  8. Maluku

Wilayah yang akan mengalami hujan lebat disertai angin, kilat, dan petir

Wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai angin kencang, kilat atau petir pada 2-4 Januari 2020 adalah:

  1. Aceh
  2. Riau
  3. Bengkulu
  4. Sumatera Selatan
  5. Kepulauan Bangka Belitung
  6. Jawa (Barat, Tengah dan Timur)
  7. Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi)
  8. Yogyakarta
  9. Nusa Tenggara (Barat dan Timur)
  10. Kalimantan (Utara, Barat, dan Selatan)
  11. Sulawesi Utara
  12. Gorontalo
  13. Papua

Editor: Ronny A. Buol

Bagikan !
Continue Reading
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com