bar-merah

Presiden minta 5 Bali baru selesai akhir 2020, termasuk Likupang

Pesisir wilayah Likupang, Minahasa Utara. (Foto: Zonautara.com/Ronny A. Buol)

ZONAUTARA.com – Presiden Joko Widodo meminta agar pembangunan dan pengembangan pariwisata di lima destinasi wisata super prioritas, yang disiapkan menjadi “Bali Baru” selesai seluruhnya pada akhir 2020.

Hal itu disampaikan Jokowi saat membuka rapat terbatas kabinet membahas penyampaian program dan kegiatan di bidang kemaritiman dan investasi di Istana Presiden, Jakarta, Rabu (30/10/2019).

Jokowi meminta akhir tahun depan, seluruh penunjang di “Bali Baru” sudah beres, yang meliputi infrastruktur konektivitasnya, hingga kegiatan di destinasi wisata itu.

“Akhir 2020 rampung semua, airport rampung, jalan rampung, pelabuhan rampung, calender of event rampung,”kata Jokowi.

Baca juga: Ini sebagian wisata di destinasi Likupang

Presiden juga menginginkan produk dan pariwisata berbasis kerakyatan difokuskan di lima Bali Baru itu.

“Perbaikan produk berbasis rakyat, pariwisata berbasis rakyat tetap di lokasi-lokasi yang sudah sering saya sebutkan, Danau Toba, Borobudur, Labuan Bajo, Mandalika, Manado (Likupang), konsentrasi di situ,” sebut Presiden.

Anggaran 10 triliun

Sebelumnya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengungkapkan menyediakan anggaran sebesar Rp 10 triliun untuk pengembangan destinasi wisata Bali Baru.

“Kita operasikan 2020. Dari kami Rp 7,8 triliun, beliau (Kementerian Perhubungan) Rp 2,8 trilun. Direct APBN ini harus dimanfaatkan BUMN dan pariwisata agar dilaksanakan,” kata Basuki di kantornya usai menggelar rakor, Jakarta, Sabtu (26/10) akhir pekan lalu.

Basuki menambahkan bahwa kementeriannya akan terus berkoordinasi dengan kementerian lainnya untuk mencapai target pengembangan destinasi super prioritas tersebut.

KEK Likupang

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) wisata Likupang di Minahasa Utara yang masuk dalam 5 destinasi super prioritas Bali Baru diharapkan akan menyerap tenaga kerja sebanyak 65 orang.

Di kawasan ini nantinya akan dibangun resort, akomodasi wisata, fasilitas entertaintment, dan fasilitas MICE. Di luar area akan dikembangkan pula Wallace Conservation Center dan Yacht Marina.

Baca juga: Geliat KEK Likupang kala jadi destinasi super prioritas

Pada 2025, Gubernur Sulut, Olly Dondokambey menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Sulut sebesar 1 juta kunjungan. KEK Likupang diprediksi mampu memberi kontribusi sebesar 16 persen dari target itu.

KEK Likupang yang dapat ditempuh dengan kendaraan dari Manado sekitar 1 jam 30 menit itu berada di Tanjung Pulisan, Likupang.

Editor: Ronny Adolof Buol



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com