Connect with us

Ekonomi dan Bisnis

Presiden minta 5 Bali baru selesai akhir 2020, termasuk Likupang

Kementerian PUPR akan menggelontorkan anggaran sebesar Rp 10 triliun

Bagikan !

Published

on

Pesisir wilayah Likupang, Minahasa Utara. (Foto: Zonautara.com/Ronny A. Buol)

ZONAUTARA.com – Presiden Joko Widodo meminta agar pembangunan dan pengembangan pariwisata di lima destinasi wisata super prioritas, yang disiapkan menjadi “Bali Baru” selesai seluruhnya pada akhir 2020.

Hal itu disampaikan Jokowi saat membuka rapat terbatas kabinet membahas penyampaian program dan kegiatan di bidang kemaritiman dan investasi di Istana Presiden, Jakarta, Rabu (30/10/2019).

Jokowi meminta akhir tahun depan, seluruh penunjang di “Bali Baru” sudah beres, yang meliputi infrastruktur konektivitasnya, hingga kegiatan di destinasi wisata itu.

“Akhir 2020 rampung semua, airport rampung, jalan rampung, pelabuhan rampung, calender of event rampung,”kata Jokowi.

Baca juga: Ini sebagian wisata di destinasi Likupang

Presiden juga menginginkan produk dan pariwisata berbasis kerakyatan difokuskan di lima Bali Baru itu.

“Perbaikan produk berbasis rakyat, pariwisata berbasis rakyat tetap di lokasi-lokasi yang sudah sering saya sebutkan, Danau Toba, Borobudur, Labuan Bajo, Mandalika, Manado (Likupang), konsentrasi di situ,” sebut Presiden.

Anggaran 10 triliun

Sebelumnya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengungkapkan menyediakan anggaran sebesar Rp 10 triliun untuk pengembangan destinasi wisata Bali Baru.

“Kita operasikan 2020. Dari kami Rp 7,8 triliun, beliau (Kementerian Perhubungan) Rp 2,8 trilun. Direct APBN ini harus dimanfaatkan BUMN dan pariwisata agar dilaksanakan,” kata Basuki di kantornya usai menggelar rakor, Jakarta, Sabtu (26/10) akhir pekan lalu.

Basuki menambahkan bahwa kementeriannya akan terus berkoordinasi dengan kementerian lainnya untuk mencapai target pengembangan destinasi super prioritas tersebut.

KEK Likupang

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) wisata Likupang di Minahasa Utara yang masuk dalam 5 destinasi super prioritas Bali Baru diharapkan akan menyerap tenaga kerja sebanyak 65 orang.

Di kawasan ini nantinya akan dibangun resort, akomodasi wisata, fasilitas entertaintment, dan fasilitas MICE. Di luar area akan dikembangkan pula Wallace Conservation Center dan Yacht Marina.

Baca juga: Geliat KEK Likupang kala jadi destinasi super prioritas

Pada 2025, Gubernur Sulut, Olly Dondokambey menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Sulut sebesar 1 juta kunjungan. KEK Likupang diprediksi mampu memberi kontribusi sebesar 16 persen dari target itu.

KEK Likupang yang dapat ditempuh dengan kendaraan dari Manado sekitar 1 jam 30 menit itu berada di Tanjung Pulisan, Likupang.

Editor: Ronny Adolof Buol

Bagikan !
Beri Donasi
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Ekonomi dan Bisnis

Krisis corona mulai menghantam nilai kurs, Dolar AS tembus Rp 17 ribu

Kurs tengah Bank Indonesia pada posisi Rp 16.608

Bagikan !

Published

on

ZONAUTARA.COM – Krisis wabah Corona di dunia mulai menghantam sektor keuangan, termasuk di Indonesia.

Nilai tukar rupiah terhadap beberapa mata uang utama terus merosot. Bloomberg mengabarkan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS menjadi yang terlemah di Asia saat ini.

Kurs jual dolar Amerika Serikat di lima bank besar hingga siang ini menembus level Rp 17 ribu. Sementara kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dolar Rate atau JISDOR menempatkan dolar AS di posisi Rp 16.608.

Posisi rupiah di kurs JISDOR yang dipublikasikan Bank Indonesia pukul 10.00 WIB itu anjlok 339 poin dibandingkan posisi Jumat (20/3) yakni Rp 16.273 per dolar AS.

Di sisi lain, nilai tukar rupiah pada perdagangan pasar spot hingga 10.57 WIB turun 3,7% ke level Rp 16.550.

PT Bank Negara Indonesia menetapkan kurs jual dolar AS sebesar Rp 17.204 pada pukul 10.50 WIB. Sementara kurs beli yakni Rp 16.199. PT Bank CIMB Niaga Tbk menetapkan kurs jual Dolar AS sebesar Rp 17.000 dan kurs beli Rp 16.300.

Sementara PT Bank Rakyat Indonesia Tbk menetapkan kurs jual dolar AS sebesar Rp 16.985 dan kurs beli Rp 16.415 per dolar AS.

Lalu PT Bank Central Asia Tbk pada 10.30 WIB menetapkan kurs jual dolar AS mencapai Rp 16.910 dan kurs beli Rp 16.690. Adapun kurs PT Bank Mandiri Tbk menetapkan kurs jual dolar AS Rp 16.980 dan kurs beli Rp 16.550. 

Editor: Ronny Adolof Buol

Bagikan !
Beri Donasi
Continue Reading

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com