Connect with us

Ekonomi dan Bisnis

Presiden minta 5 Bali baru selesai akhir 2020, termasuk Likupang

Kementerian PUPR akan menggelontorkan anggaran sebesar Rp 10 triliun

Bagikan !

Published

on

Pesisir wilayah Likupang, Minahasa Utara. (Foto: Zonautara.com/Ronny A. Buol)

ZONAUTARA.com – Presiden Joko Widodo meminta agar pembangunan dan pengembangan pariwisata di lima destinasi wisata super prioritas, yang disiapkan menjadi “Bali Baru” selesai seluruhnya pada akhir 2020.

Hal itu disampaikan Jokowi saat membuka rapat terbatas kabinet membahas penyampaian program dan kegiatan di bidang kemaritiman dan investasi di Istana Presiden, Jakarta, Rabu (30/10/2019).

Jokowi meminta akhir tahun depan, seluruh penunjang di “Bali Baru” sudah beres, yang meliputi infrastruktur konektivitasnya, hingga kegiatan di destinasi wisata itu.

“Akhir 2020 rampung semua, airport rampung, jalan rampung, pelabuhan rampung, calender of event rampung,”kata Jokowi.

Baca juga: Ini sebagian wisata di destinasi Likupang

Presiden juga menginginkan produk dan pariwisata berbasis kerakyatan difokuskan di lima Bali Baru itu.

“Perbaikan produk berbasis rakyat, pariwisata berbasis rakyat tetap di lokasi-lokasi yang sudah sering saya sebutkan, Danau Toba, Borobudur, Labuan Bajo, Mandalika, Manado (Likupang), konsentrasi di situ,” sebut Presiden.

Anggaran 10 triliun

Sebelumnya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengungkapkan menyediakan anggaran sebesar Rp 10 triliun untuk pengembangan destinasi wisata Bali Baru.

“Kita operasikan 2020. Dari kami Rp 7,8 triliun, beliau (Kementerian Perhubungan) Rp 2,8 trilun. Direct APBN ini harus dimanfaatkan BUMN dan pariwisata agar dilaksanakan,” kata Basuki di kantornya usai menggelar rakor, Jakarta, Sabtu (26/10) akhir pekan lalu.

Basuki menambahkan bahwa kementeriannya akan terus berkoordinasi dengan kementerian lainnya untuk mencapai target pengembangan destinasi super prioritas tersebut.

KEK Likupang

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) wisata Likupang di Minahasa Utara yang masuk dalam 5 destinasi super prioritas Bali Baru diharapkan akan menyerap tenaga kerja sebanyak 65 orang.

Di kawasan ini nantinya akan dibangun resort, akomodasi wisata, fasilitas entertaintment, dan fasilitas MICE. Di luar area akan dikembangkan pula Wallace Conservation Center dan Yacht Marina.

Baca juga: Geliat KEK Likupang kala jadi destinasi super prioritas

Pada 2025, Gubernur Sulut, Olly Dondokambey menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Sulut sebesar 1 juta kunjungan. KEK Likupang diprediksi mampu memberi kontribusi sebesar 16 persen dari target itu.

KEK Likupang yang dapat ditempuh dengan kendaraan dari Manado sekitar 1 jam 30 menit itu berada di Tanjung Pulisan, Likupang.

Editor: Ronny Adolof Buol

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Ekonomi dan Bisnis

Facebook raup untung Rp 84 triliun di kuartal III 2019

Pendapatan Facebook juga meningkat ditengah isu keamanan data dan proyek Libra.

Bagikan !

Published

on

ZONAUTARA.com – Perusahaan raksasa media sosial Facebook mencatat laba bersih US$ 6 miliar atau sekitar Rp 84 triliun pada Kuartal III 2019. Keuntungan itu merupakan bagian dari pertumbuhan pendapatan yang naik 29% secara tahunan (year on year/yoy).

Secara keseluruhan pendapatan Facebook pada Kuartal III 2019 sebesar US$ 17,7 miliar atau sekitar Rp 247,8 triliun. Angka ini di atas ekspektasi pasar yang hanya US$ 17,4 miliar. Sementara pendapatan per saham mencapai US$ 2,12 per lembar, juga melebihi estimasi konsensu US$ 1,91.

Facebook juga mencatat kenaikan pengguna bulanan sebesar 1,65% dibanding kuartal sebelumnya pada angka 2,45 miliar. Sedangkan pengguna aktif harian tumbuh 2% menjadi 1,62 miliar.

Mengutip TechCrunch, Kamis (31/102019) pertumbuhan pendapatan dan keuntungan Facebook ini mengejutkan di tengah isu keamanan data dan proyek uang digital Libra.

Asosiasi Libra, yang merupakan proyek mata uang digital Facebook, baru-baru ini ditinggal enam perusahaan besar yakni Visa, Mastercard, PayPal, Stripe, eBay dan Mercado Pago.

Keputusan meninggal asosiasi itu disebabkan disebabkan Libra ditolak oleh pemerintah Amerika Serikat. Otoritas pemerintah AS masih meragukan keamanan data Facebook menyusul kasus Cambridge Analytica.

Pada September lalu, seorang peneliti keamanan Sanyam Jain menemukan basis data berisi lebih dari 419 juta informasi pengguna Facebook yang bocor ke publik. Data itu mencakup nomor telepon, ID Facebook, jenis kelamin hingga asal negara. 

Baca juga: Terjadi lagi, 419 juta nomor telepon pengguna Facebook bocor

Sebanyak 133 juta data pengguna yang bocor di antaranya berasal dari AS. Lalu, 18 juta dari Inggris dan 50 juta merupakan pengguna asal Vietnam.

Editor: Ronny Adolof Buol

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia
Continue Reading
Advertisement

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com