Connect with us

ZONA DAERAH

Eman minta pelaporan DAK Fisik berpedoman pada juknis

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com – Wali Kota Tomohon Jimmy F.Eman membuka kegiatan Sinkronisasi dan Pelaporan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Tahun 2019 Sub Bidang Sekolah Menengah Pertama (SMP), yang digelar di AAB Guest House Tomohon, Selasa (12/11/2019).

Dalam sambutannya Eman mengatakan, Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang menyatakan, bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak, serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

Hal itu, kata Eman, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab.

Menurt Eman, dalam rangkaian upaya mewujudkan keberhasilan pembangunan dan penyelengaraan pendidikan dan salah satu perwujudan dari visi misi Pemerintah Kota Tomohon ‘Dedicate Emas’, yaitu merubah wajah sekolah, maka Dinas Pendidikan dan Kebudayaan harus mampu untuk mendorong terciptanya iklim pendidikan yang kondusif, maju, dan berdaya saing.

“Kami berharap dalam pelaksanaan Dana Alokasi Khusus Bidang Pendidikan ini, agar dapat mengikuti prinsip–prinsip pengelolaan antara lain, efisiensi, efektifitas, transparansi, akuntabel dan prinsip manfaat,” ujar Eman.

Selain itu, lanjut Eman, diharapkan adanya sinkronisasi dan pelaporan DAK Fisik tahun 2019 ini, serta pelaporan tersebut dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, penuh rasa tanggung jawab dan selalu berpedoman pada petunjuk teknis (juknis) dan petunjuk pelaksanaan yang ada.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kota Tomohon Juliana D. Karwur, dalam laporannya menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mensinkronisasikan pelaksanaan kegiatan swakelola dan pembuatan membuat pelaporan DAK Fisik pendidikan program Dana DAK Fisik Sub Bidang Pendidikan Sekolah Menengah Pertama Tahun 2019 dengan baik sesuai ketentuan yang berlaku.

“Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk menghimpun masukan, ide-ide dalam pembuatan laporan DAK Fisik Bidang SMP yang sesuai dengan petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan yang berlaku, sehingga dapat dipertanggungjawabkan secara fisik dan administrasinya,” pungkasnya.

Adapun narasumber di kegiatan ini Kepala Seksi Intelejen Kejari Tomohon Wilke Rabeta, dengan peserta para Kepala Sekolah, Ketua Panitia Pembangunan Sekolah, Bendahara DAK, serta jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tomohon.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia

ZONA DAERAH

Masuki akhir tahun, pemkot evaluasi pelaksanaan keuangan

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) melaksanakan Rapat Koordinasi dan Evaluasi (Rakorev)Keuangan Triwulan VI,di aula BPKPD Kota Tomohon, Selasa (3/12/2019).

Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman diwakili Sekretaris Daerah Kota (Sekkot) Tomohon Harold V. Lolowang membuka kegiatan tersebut.

Saat membacakan sambutan Wali Kota, Lolowang mengatakan, kegiatan Rakorev Keuangan Triwulan IV ini lebih diarahkan untuk mengevaluasi sejauh mana pelaksanaan pengelolaan keuangan sampai saat ini, terlebih saat memasuki akhir tahun.

Dia menjelaskan, meski dipahami bahwa banyaknya kegiatan saat ini termasuk pertanggungjawaban, namun perlu diingatkan bagi seluruh pengelola keuangan juga untuk tetap mempedomani jadwal akhir tahun sebagaimana surat edaran Wali Kota yang telah dibagikan pada saudara.

“Selanjutnya berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 8 Tahun 2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah pasal 10 ayat 1 “Kepala satuan kerja perangkat daerah selaku pengguna anggaran menyusun laporan keuangan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan APBD pada satuan kerja perangkat daerah yang bersangkutan dan menyampaikannya kepada Wali Kota melalui pejabat pengelola keuangan daerah,” ujarnya.

Untuk itu, lanjut Lolowang, sesuai dengan amanat PP Nomor 8 Tahun 2006 yang sudah dijelaskan terdahulu, maka pada saat ini berkaitan dengan penyusunan laporan keuangan pemerintah daerah, para pejabat penatusahaan keuangan (PPK-SKPD) sudah dapat memperhatikan hal-hal penting dalam persiapan penyusunan laporan keuangan perangkat daerah.

Tentunya, kata Lolowang, dengan mempedomani surat edaran tentang langkah strategis dalam penyusunan laporan keuangan pemerintah daerah Kota Tomohon tahun anggaran 2019.

“Saya minta hal-hal yang sudah disampaikan tadi untuk mendapatkan perhatian dari bapak-ibu Kepala Perangkat Daerah beserta jajaran pengelola keuangan di perangkat daerah masing-masing,” pungkasnya.

Turut hadir dalam rakorev tersebut Inspektur Kota Tomohon Max M. Mentu, Kaban Bapelitbangda Kota Tomohon Royke Roeroe, para Kepala Perangkat Daerah se-Kota Tomohon, serta Camat dan Lurah.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia
Continue Reading
Advertisement

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com