bar-merah

Eman minta pelaporan DAK Fisik berpedoman pada juknis

TOMOHON, ZONAUTARA.com – Wali Kota Tomohon Jimmy F.Eman membuka kegiatan Sinkronisasi dan Pelaporan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Tahun 2019 Sub Bidang Sekolah Menengah Pertama (SMP), yang digelar di AAB Guest House Tomohon, Selasa (12/11/2019).

Dalam sambutannya Eman mengatakan, Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang menyatakan, bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak, serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

Hal itu, kata Eman, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab.

Menurt Eman, dalam rangkaian upaya mewujudkan keberhasilan pembangunan dan penyelengaraan pendidikan dan salah satu perwujudan dari visi misi Pemerintah Kota Tomohon ‘Dedicate Emas’, yaitu merubah wajah sekolah, maka Dinas Pendidikan dan Kebudayaan harus mampu untuk mendorong terciptanya iklim pendidikan yang kondusif, maju, dan berdaya saing.

“Kami berharap dalam pelaksanaan Dana Alokasi Khusus Bidang Pendidikan ini, agar dapat mengikuti prinsip–prinsip pengelolaan antara lain, efisiensi, efektifitas, transparansi, akuntabel dan prinsip manfaat,” ujar Eman.

Selain itu, lanjut Eman, diharapkan adanya sinkronisasi dan pelaporan DAK Fisik tahun 2019 ini, serta pelaporan tersebut dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, penuh rasa tanggung jawab dan selalu berpedoman pada petunjuk teknis (juknis) dan petunjuk pelaksanaan yang ada.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kota Tomohon Juliana D. Karwur, dalam laporannya menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mensinkronisasikan pelaksanaan kegiatan swakelola dan pembuatan membuat pelaporan DAK Fisik pendidikan program Dana DAK Fisik Sub Bidang Pendidikan Sekolah Menengah Pertama Tahun 2019 dengan baik sesuai ketentuan yang berlaku.

“Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk menghimpun masukan, ide-ide dalam pembuatan laporan DAK Fisik Bidang SMP yang sesuai dengan petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan yang berlaku, sehingga dapat dipertanggungjawabkan secara fisik dan administrasinya,” pungkasnya.

Adapun narasumber di kegiatan ini Kepala Seksi Intelejen Kejari Tomohon Wilke Rabeta, dengan peserta para Kepala Sekolah, Ketua Panitia Pembangunan Sekolah, Bendahara DAK, serta jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tomohon.

Editor : Christo Senduk



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com