Connect with us

ZONA DAERAH

Eman minta pelaporan DAK Fisik berpedoman pada juknis

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com – Wali Kota Tomohon Jimmy F.Eman membuka kegiatan Sinkronisasi dan Pelaporan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Tahun 2019 Sub Bidang Sekolah Menengah Pertama (SMP), yang digelar di AAB Guest House Tomohon, Selasa (12/11/2019).

Dalam sambutannya Eman mengatakan, Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang menyatakan, bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak, serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

Hal itu, kata Eman, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab.

Menurt Eman, dalam rangkaian upaya mewujudkan keberhasilan pembangunan dan penyelengaraan pendidikan dan salah satu perwujudan dari visi misi Pemerintah Kota Tomohon ‘Dedicate Emas’, yaitu merubah wajah sekolah, maka Dinas Pendidikan dan Kebudayaan harus mampu untuk mendorong terciptanya iklim pendidikan yang kondusif, maju, dan berdaya saing.

“Kami berharap dalam pelaksanaan Dana Alokasi Khusus Bidang Pendidikan ini, agar dapat mengikuti prinsip–prinsip pengelolaan antara lain, efisiensi, efektifitas, transparansi, akuntabel dan prinsip manfaat,” ujar Eman.

Selain itu, lanjut Eman, diharapkan adanya sinkronisasi dan pelaporan DAK Fisik tahun 2019 ini, serta pelaporan tersebut dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, penuh rasa tanggung jawab dan selalu berpedoman pada petunjuk teknis (juknis) dan petunjuk pelaksanaan yang ada.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kota Tomohon Juliana D. Karwur, dalam laporannya menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mensinkronisasikan pelaksanaan kegiatan swakelola dan pembuatan membuat pelaporan DAK Fisik pendidikan program Dana DAK Fisik Sub Bidang Pendidikan Sekolah Menengah Pertama Tahun 2019 dengan baik sesuai ketentuan yang berlaku.

“Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk menghimpun masukan, ide-ide dalam pembuatan laporan DAK Fisik Bidang SMP yang sesuai dengan petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan yang berlaku, sehingga dapat dipertanggungjawabkan secara fisik dan administrasinya,” pungkasnya.

Adapun narasumber di kegiatan ini Kepala Seksi Intelejen Kejari Tomohon Wilke Rabeta, dengan peserta para Kepala Sekolah, Ketua Panitia Pembangunan Sekolah, Bendahara DAK, serta jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tomohon.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !

Zona Sulut

Hanya 90 bukan 126 kasus baru corona di Sulut, berasal dari Bolmong dan 7 daerah lainnya

Total kasus positif di Sulut kini sudah mencapai 1431 kasus.

Bagikan !

Published

on

Pemeriksaan rapid test di Dinkes Sulut. (Foto: Zonautara.com/Ronny A. Buol)

MANADO, ZONAUTARA.COM – Satgas Covid-19 Sulawesi Utara kembali melakukan update terkait perkembangan terkini epidemiologi covid-19.

Dari rilis yang diterima oleh Zonautara.com, Juru Bicara Satgas Covid-19 Sulut, Steaven Dandel, menulis bahwa pada hari ini, Kamis (9/7/2020), di Sulawesi Utara ada penambahan sebanyak 90 kasus baru.

“Sebelumnya oleh Gugus Tugas Nasional diumumkan ada 126 kasus baru, tetapi setelah diverifikasi kasus baru positif hari ini hanya sebanyak 90 kasus,” jelas Dandel.

Menurut Dandel, setelah dilakukan verifikasi ternyata ada dua nama yang telah dua kali teregister.

“Kemudian terdapat 34 nama juga yang setelah diverifikasi bukan berasal dari Sulut tetapi berasal dari Maluku Utara dan Jambi,” jelas Dandel.

Bertambahnya 90 kasus baru tersebut, kini secara akumulatif kasus positif terkonfirmasi di Sulut sudah mencapai 1431 kasus.

“Adapun 90 kasus baru positif hari ini berasal dari daerah Manado sebanyak 45 kasus, Minahasa 6 kasus, Minahasa Utara 14 kasus, Bitung 11 kasus, Minahasa Selatan ada satu kasus, Minahasa Tenggara ada dua kasus, Bolmong ada satu kasus,” tulis Dandel.

Sementara ada tujuh kasus berasal dari luar wilayah dan tiga kasus masih diverifikasi alamatnya.

Lihat: Detil 90 kasus baru corona di Sulut pada 9 Juli

Kota Manado nyaris setiap hari melaporkan kasus baru. Kini ibukota provinsi Sulut tersebut menjadi daerah dengan kasus tertinggi virus corona di Sulut.

Selain Manado, daerah lain yang punya kasus positif yang cukup tinggi adalah Tomohon, Minahasa dan Minahasa Utara.

“Untuk ODP hari ini ada 227 dan PDP sebanyak 281 ,” tambah Dandel.

Bagikan !
Continue Reading
Klik untuk melihat visualisasinya

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com