Di Hari Guru, para siswa ungkapkan rasa hormat dengan bunga

Rahadih Gedoan
Penulis Rahadih Gedoan
Ide say respect with flower meramaikan perayaan Hari Guru di SMK Negeri 4 Manado.(Image: zonautara.com/Rahadih Gedoan)



ZONAUTARA.com – Ada yang berbeda dalam perayaan Hari Guru di SMK Negeri 4 Manado, Senin (25/11/2019). Usai upacara bendera dalam rangka peringatan Hari Guru Nasional, para siswa mengungkapkan rasa hormat bagi guru mereka dengan membagikan bunga putih.

Say respect with flower. Para guru layak diapresiasi dengan luar biasa,” kata Noviani Lumintang, Ketua OSIS SMK Negeri 4 Manado.

Menurutnya, bunga putih adalah simbol yang tepat untuk mengungkapkan rasa hormat dan terima kasih siswa bagi mereka yang telah mendidik dengan luar biasa.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMK Negeri 4 Manado Paulus Steven Tuwo yang menjadi inspirator ide unik tersebut, mengatakan bahwa bukan hanya say respect with flower saja yang meramaikan perayaan Hari Guru, namun ada juga pelepasan balon ke udara dan Carvanal Fashion Show.

zonautara.com
Carvanal Fashion Show turut meramaikan perayaan Hari Guru di SMK Negeri 4 Manado.(Image: zonautara.com/Rahadih Gedoan)

“Ini adalah gagasan surprise yang dipersembahkan secara khusus bagi seluruh guru di sekolah kami dan secara umum bagi semua guru di Indonesia. Melalui kesempatan ini, para siswa diajarkan cara menghormati guru dengan cara yang lebih kreatif dan inovatif,” kata Paulus.

Sudah tugasnya, imbuh Paulus, untuk mengarahkan sekaligus membuat para siswa lebih dekat secara emosional. Bunga adalah bahasa simbolik yang tepat, membuat jarak antara guru dengan siswa yang terlalu jauh dapat terminimalisir.

“Untuk memajukan dunia pendidikan, komunikasi verbal dan komunikasi simbolik di antara guru dan siswa menjadi hal yang sangat penting diperhatikan. Kegagalan komunikasi bisa mengakibatkan kesenjangan, yang berujung pada tindakan negatif,” jelasnya.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Penulis Rahadih Gedoan
Follow:
Jurnalis, Instruktur Akting, Pelatih Teater, Sastrawan, Ketua Dewan Kesenian Kota Manado.
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com