bar-merah

Mendikbud: Tugas anda adalah yang termulia sekaligus yang tersulit

zonautara.com
Nadiem Anwar Makarim.(Foto: Rahmat/Humas)

ZONAUTARA.com – Guru Indonesia yang tercinta, tugas anda adalah yang termulia sekaligus yang tersulit. Anda ditugasi untuk membentuk masa depan bangsa, tetapi lebih sering diberi aturan dibandingkan dengan pertolongan.

Demikian pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) pada upacara bendera peringatan Hari Guru Nasional Nadiem Anwar Makarim, Senin (25/11/2019). Menurutnya, guru ingin membantu murid yang mengalami ketertinggan di kelas, tetapi waktu habis mengerjakan tugas administratif tanpa manfaat yang jelas.

“Anda tahu betul bahwa potensi anak tidak dapat diukur dari hasil ujian, tetapi terpaksa mengejar angka karena didesak berbagai pemangku kepentingan. Anda ingin mengajak murid keluar kelas untuk beajar dari dunia sekitarnya, tetapi kurikulum yang begitu padat menutup pintu petualangan,” kata Nadiem.

Dikatakan Mendikbud, perubahan tidak dapat dimulai dari atas. Semuanya berawal dan nberakhir dari guru. Jangan menunggu aba-aba, jangan menunggu perintah. Ambillah langkah pertama. Besok, di manapun anda berada, lakukan perubahan kecil di kelas anda.

“Ajaklah kelas berdiskusi, bukan hanya mendengar; berikan kesempatan kepada murid untuk mengajar di kelas; cetuskan proyek bakti sosial yang melibatkan seluruh kelas; temukan suatu bakat dalam diri murid yang kurang percaya diri; dan tawarkan bantuan kepada guru yang sedang mengalami kesulitan,” ujarnya.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com