Connect with us

ZONA DAERAH

Ini pesan Pastor Maxi di perayaan Natal Bersama Umat Katolik Kolongan

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com Umat Katolik Koordinasi Kolongan Raya, Paroki Hati Kudus Yesus Tomohon menggelar perayaan Natal Bersama, di Taman Asri Edelweiss, Minggu (12/1/2020).

Perayaan yang dihadiri ratusan umat Katolik di dua Kelurahan, yakni Kelurahan Kolongan dan Kolongan Satu ini diawali dengan Misa Syukur yang dipimpin Pastor Maxi Manewus Pr.

Dalam kotbahnya, Pastor Maxi menekankan soal kedatangan Yesus yang tidak membeda-bedakan antara satu dengan yang lain.

Hal itu, kata Pastor Maxi, jelas tergambar pada waktu kelahiran Yesus yang saat itu hadir sosok-sosok yang datang dari berbagai latar belakang. Mulai dari orang biasa, hingga para Majus dari Timur yang disebut sebagai para sarjana hingga para ahli perbintangan.

“Ingat, hari raya Natal, Tuhan tidak pilih-pilih. Tuhan datang untuk kita semua. Jadi, janganlah kita memilih-milih orang tertentu saja. Mari kita datang kepada semua orang tanpa membeda-bedakan,” ungkapnya.

Selain itu, Pastor Maxi pun mengajak umat untuk meneladani Kristus dengan menjadi pembawa damai.

“Kalau kehadiran kita hanya membawa perpecahan, membawa amarah di tengah-tengah umat, ingat, anda tidak meneladani Kristus. Tuhan datang untuk mempersatukan bukan untuk memecah belah,” katanya.

Memasuki tahun 2020 ini, Pastor Maxi pun mengajak umat untuk menjadi orang-orang yang baik.

“Memasuki tahun 2020 ini, mari kita jadi orang Katolik yang baik. Baik di kata-kata, pemikiran dan perbuatan,” pungkasnya.

Sementara itu, Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman yang diwakili oleh Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Gerardus  Mogi mengajak umat Katolik untuk mendukung program-program dari pemerintah.

“Akan ada banyak event yang akan dilaksanakan di tahun 2020 di Kota Tomohon. Sehingga, kami mengajak umat Katolik untuk terus mendukung segala program yang ada,” tuturnya.

Turut hadir dalam kesempatan itu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Wenny Lumentut, yang turut memberikan sejumlah bantuan untuk pembangunan aula umat, serta hadiah bagi para pemenang lomba Pimpinan Wilayah Rohani Idol.

Para Lurah Kolongan Raya, masing-masing Yunaidy Pijoh dan Jones A Mait juga hadir dalam perayaan ini.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ZONA DAERAH

Target diserahkan 31 Januari, penyusunan LKPD dikebut

Published

on

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman. (Foto: Istimewa)

TOMOHON, ZONAUTARA.com – Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman menegaskan, pihaknya akan mengupayakan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) dari Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon diserahkan pada akhir Januari 2020 mendatang.

Jika terlaksana sesuai dengan target tersebut, Kota Tomohon pun akan menjadi yang pertama di Sulawesi Utara (Sulut) yang memasukan LKPD dan yang kedua di Indonesia setelah Kabupaten Musi Banyuasin.

“Di tahun-tahun sebelumnya penyerahan buku LKPD ini biasanya paling lambat diserahkan pada bulan Maret. Di tahun 2020 ini, Pemerintah Kota menjadi terobosan, bahwa kita akan pertama di Sulut menyerahkan LKPD di 31 Januari dan kedua tercepat di Indonesia,” ujar Eman beberapa waktu lalu.

Menurut Eman, penyerahan LKPD di akhr Januari ini tujuannya bukan untuk menjadi yang tercepat, melainkan sebagai bagian dari pemantauan pengelolaan keuangan dan kinerja.

“Targetnya bukan menjadi yang tercepat, tapi sebenarnya kita terus meningkatkan diri dalam rangkaian bagaimana laporan keuangan dan kinerja Pemerintah Kota Tomohon ini terus dipantau dan dievaluasi,” ungkap Eman.

Dia menegaskan, Perangkat Daerah di jajaran Pemkot Tomohon saat ini sedang dalam tahapan perampungan sebelum nantinya diserahkan kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Kepala BPKPD Gerardus Mogi. (Foto: zonautara.com)

Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Gerardus Mogi menjelaskan, dari 34 Perangkat Daerah ditambah 9 bagian yang ada di jajaran Pemkot Tomohon, hanya tertinggal 3 Perangkat Daerah yang sementara dirampungkan penginputan data-data asetnya.

“Ketiga Perangkat Daerah tersebut adalah PUPR, Dinkes dan Dikbud. Sementara, untuk 2 Kecamatan, yaitu Kecamatan Tomohon Timur dan Tomohon Utara masih belum menginput data, sedangkan Kecamatan Tomohon Selatan hampir selesai,” kata Mogi, Rabu (22/1/2020).

Menurut Mogi, dasar penyusunan LKPD adalah laporan keuangan dari setiap Perangkat Daerah dan saat ini juga Inspektorat sementara melakukan review bagi setiap Perangkat Daerah yang laporan keuangannya sudah selesai dilaksanakan.

“Sejak tanggal 13 Januari itu dimulai dengan rekonsiliasi data Perangkat Daerah dengan Bidang Akutansi untuk posisi KAS (saldo akhir). Juga, rekonsiliasi data Aset dengan Bidang BMD untuk menghitung nilai Aset, akumulasi penyusutan Aset dan total pengadaan di tahun 2019,” pungkas Mogi.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Continue Reading
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com