Connect with us

ZONA DAERAH

Ini tanggapan RSGM soal putusnya kontrak dengan BPJS Kesehatan

Published

on

Direktur RSGM Tomohon dr Frankly Palendeng. (Foto: zonautara.com)

TOMOHON, ZONAUTARA.comRumah Sakit Gunung Maria (RSGM) Tomohon akhirnya memberikan jawaban terkait kabar putusnya kontrak dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, sejak 1 Januari 2020 lalu.

Direktur RSGM dr Frankly Palendeng kepada sejumlah wartawan mengatakan, isu bahwa RSGM tidak mau lagi bekerjasama dengan BPJS tidaklah benar.

Pasalnya, BPJS Kesehatan Cabang Tondano yang memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak kerjasama dengan RSGM.

Pemberitahuan tidak diperpanjangnya kontrak dengan RSGM, kata Palendeng, pada 27 Desember 2019 lalu.

Padahal, lanjut dia, sesuai Undang-Undang, Rumah Sakit yang bernaung di bawah PT Ratna Timur Tumarendem ini sudah sangat layak untuk tetap bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, apalagi akreditasi sudah paripurna.

“Jadi, posisinya BPJS yang tidak memperpanjang kontrak, bukan putus di tengah kontrak,” ujar Palendeng, Rabu (15/1/2020).

Yang seharusnya, sebut Palendeng, pemberitahuan tidak akan diperpanjangnya suatu kontrak, yakni tiga bulan sebelum kontrak selesai.

Menurut dia, dilihat dari sisi pelayanan, setiap bulannya, RSGM melayani sekitar 1.000 pasien rawat inap dan 5.000 pasien rawat jalan yang merupakan peserta BPJS.

“Yang kami khawatir, mau dikemanakan pasien-pasien ini. Pasti akan ada penumpukan di rumah sakit lain dan mungkin saja akan ada yang tidak dilayani,” tuturnya.

Soal penyebab putusnya kontrak dengan BPJS Kesehatan tersebut dikarenakan masalah administratif yang sebetulnya bisa dikomunikasikan.

“Kalau memang ada komitmen yang dilanggar, kita bisa dikenakan sanksi administratif. Tapi kita sudah langsung berbenah. BPJS juga sudah konfirmasi langsung kepada para pihak terkait,” jelasnya.

Namun begitu, Palendeng menegaskan, pihaknya terus berupaya keras agar bisa kembali bekerjasama dengan pihak BPJS Kesehatan.

“Intinya kami siap terus bekerja keras untuk bisa kerjasama lagi. Kami siap untuk dinilai lagi. Dan hari ini kami sudah mengirimkan kembali surat permohonan untuk kerjasama lagi ke BPJS Kesehatan,” pungkasnya.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !

Zona Bolmong Raya

Bebas virus corona, 30 pekerja PT Conch asal China dinyatakan sehat

Hasil pemantauan tidak ditemukan tanda-tanda gejala COVID 19

Bagikan !

Published

on

Pertemuan Dinkes Bolmong, KKP dan manajemen PT Conch terkait penyampaian hasil pengawasan terhadap 30 TKA asal Cina yang diisolasi selama 14 hari. (Foto: Zonautara.com/Ite)

BOLMONG, ZONAUTARA.com – Setelah diisolasi selama 14 hari, 30 tenaga kerja asing (TKA) asal China yang bekerja di PT Conch North Sulawesi Cement Bolaang Mongondow (Bolmong) akhirnya dinyatakan sehat.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bolmong, Erman Paputungan, dari hasil pemantauan yang dilakukan bersama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) kelas III Bitung, wilayah kerja Labuan Uki, kondisi kesehatan 30 TKA tersebut dalam kondisi baik hingga hari ke 14, Rabu (19/2/2020).

“Selama 14 hari kita lakukan pemantauan dan pemeriksaan suhu badan, pengamatan fisik dan dialog tentang keluhan atau hal-hal yang dirasakan. Pihak perusahaan juga kooperatif dan mendukung tindakan pemerintah ini. Dan hasilnya, semua dalam kondisi baik,” kata Paputungan saat dihubungi via ponselnya.

Baca juga: Bikin resah, 30 pekerja PT Conch asal Cina di Bolmong diisolasi

Dari hasil tersebut, Dinkes bersama KKP tidak menemukan adanya tanda-tanda yang mengarah pada gejala COVID-19 (Corona Virus Desease 2019).

“Atas dasar itu juga 30 TKA asal China yang bekerja di PT Conch sudah bisa beraktivitas kembali seperti biasa. Dan masyarakat juga diminta untuk tidak perlu khawatir,” ungkap Erman.

Sebelumnya, 30 pekerja PT Conch asal Tiongkok yang baru tiba di Indonesia pada 4 Februari 2020 lalu, sempat menggegerkan warga Bolmong khususnya sekitar perusahaan. Ke-30 TKA tersebut merupakan karyawan pabrik semen yang beroperasi di Kelurahan Inobonto I, Kecamatan Bolaang dan baru kembali dari Cina untuk merayakan tahun baru Imlek.

Editor: Ronny Adolof Buol

Bagikan !
Continue Reading

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com