Connect with us

ZONA DAERAH

Jalan sehat hingga pemeriksaan kesehatan awali rangkaian Hari Jadi ke-17 Tomohon

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.comKota Tomohon bakal merayakan Hari Jadi ke-17 pada 27 Januari 2020 mendatang.

Sejumlah kegiatan pun telah direncanakan untuk dilaksanakan dalam memeriahkan peringatan terbentuknya daerah berjuluk Kota Bunga ini.

Jalan sehat, olahraga bersama hingga pemeriksaan kesehatan pun menjadi pembuka pelaksanaan rangkaian kegiatan yang digelar Jumat (17/1/2020).

Jalan sehat yang mengambil start dari menara Alfa Omega dan finish di stadion Babe Palar Walian ini dilepas langsung oleh Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman didampingi Wakil Wali Kota (Wawali) Syerly Adelyn Sompotan.

Usai kegiatan, Eman mengatakan, ada berbagai kegiatan yang telah disiapkan untuk menyemarakkan peringatan Hari Jadi ke-17 Kota Tomohon ini.

“Mengawali rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan, hari ini kami laksanakan jalan sehat, selanjutnya ada pemeriksaan kesehatan dan olahraga. Di setiap kelurahan kami juga lakukan kerja bakti massal untuk mencegah potensi-potensi terjadinya kasus DBD,” ujar Eman.

Menurut Eman, selain itu, akan dilakukan sejumlah kegiatan, yakni bakti sosial di sepanjang bulan Januari, kemudian ziarah ke makam para mantan Bupati Minahasa dan Wali Kota Tomohon yang dimakamkan di Kota Tomohon.

Bahkan, kata Eman, panitia pun telah mengagendakan pelaksanaan ibadah KKR, hingga pada puncaknya 27 Januari mendatang akan dilaksanakan upacara dan acara syukur.

“Seluruh kegiatan yang dilaksanakan ini menitikberatkan pada sisi kekompakan dan keteguhan. Panitia pelaksana juga telah merencanakan yang akan melibatkan masyarakat. Sehingga, ulang tahun ini bukan hanya untuk pemerintah, melainkan juga untuk masyarakat Kota Tomohon,” pungkasnya.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Beri Donasi

Zona Sulut

Bantu cegah virus corona, UNSRAT produksi masker APD dengan printer 3D

Unsrat juga memproduksi hand sanitizer dan tong cuci tangan.

Bagikan !

Published

on

MANADO, ZONAUTARA.COM – Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT) Manado tidak tinggal diam saat pandemi covid-19 ini. Berbagai upaya diambil oleh UNSRAT untuk turut serta mencegah penularan virus corona.

Salah satunya dengan memproduksi berbagai barang kebutuhan baik yang diperlukan oleh tenaga medis maupun yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Deputi Wakil Rektor Bidang Akademik Unsrat Gustaf Mamangkey mengatakan kepada Zonautara.com bahwa salah satu yang sedang diproduksi oleh UNSRAT adalah produk masker untuk alat pelindung diri (APD).

“Masker untuk APD ini dibuat dengan bantuan printer 3D dan diproduksi oleh Tim Fakultas Teknik,” jelas Gustaf, Jumat (3/4/2020).

Adapun material masker dibuat dari bahan kaca untuk menghindari pancaran butir ludah secara langsung.

Selain masker untuk APD, Fakultas Teknik juga memproduksi tong cuci tangan dengan memperhitungkan kontaminasi pengguna.

Masker untuk APD yang diproduksi oleh Fakultas Teknik UNSRAT.

“Jadi tong cuci tangan itu kerannya dioperasikan dengan kaki, sehingga tak ada kontaminasi dengan tangan pengguna,” jelas Gustaf.

Tak mau ketinggalan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, juga memproduksi hand sanitizer.

Sementara itu Fakultas Kesehatan Masyarakat telah membentuk tim konsultasi online sekitar pandemik covid-19.

“Masyarakat luas dapat menghubungi nomor telepon yang ada, untuk berkonsultasi dengan tim UNSRAT,” kata Gustaf.

Bagikan !
Beri Donasi
Continue Reading

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com