Connect with us

CARI TAHU

Pakai gerobak dan 99 ponsel, seniman ini tipu Google Maps

Simon berhasil membuat kemacetan pals.

Bagikan !

Published

on

Image from http://www.simonweckert.com/

ZONAUTARA.com – Seorang seniman asal Amerika, Simon Weckert melakukan aksi menaklukan aplikasi pemandu peta Google Maps.

Dengan menggunakan sebanyak 99 ponsel bekas yang ditaruhnya di dalam gerobak, Simon berhasil mengelabui Google Maps hingga membuat aplikasi itu memberi peringatan kemacetan.

Bagi pengguna Google Maps terutama pemandu rute jalan, akan menghindari rute jalan yang diberi tanda merah. Tanda merah berarti terjadi kemacetan, tanda hijau berarti lalu lintas lancar.

Dalam mengumpulkan data, Google menggunakan teknik crowdsourcing. Teknik ini mengumpulkan data yang diambil dari sekelompok besar pengguna. Dalam kasus Google Maps, data lokasi diambil dari ponsel para pengguna yang sedang mengaktifkan aplikasi Google Maps.

Simon mengaktifkan aplikasi Google Maps pada 99 ponsel bekas yang ditariknya di sebuah gerobak. Ruas jalan yang sebelumnya ditandai hijau pada Google Maps, berubah menjadi merah saat Simon menyusuri ruas jalan itu.

Google Maps menganggap bahwa telah terjadi kemacetan di sepanjang ruas jalan yang dilalui Simon, karena membaca pergerakan yang lambat dari 99 ponsel yang mengaktifkan Google Maps.

Akibat aksi Simon itu, Google Maps memberi saran kepada penggunanya untuk menghindari rute yang dilalui Simon, padahal jalanan tersebut kosong.

Menanggapi aksi simon, Google memberi keyakinan bahwa aplikasi mereka bisa membedakan pengguna Google Maps yang menggunakan motor dan mobil di sejumlah negara. Namun belum bisa mendeteksi jika pengguna menggunakan gerobak.

Senior Perangkat Lunak Google Torrey Hoffman lewat cuitannya di Twitter, mengatakan bahwa aksi semacam itu bisa saja dilakukan oleh orang awam.

“Saya bekerja untuk Google Maps dan saya cukup tahu sedikit bahwa cara ini bisa dilakukan. Saya percaya ini mungkin,” kata dia.

Sebelumnya, Google Maps mengakui telah memetakan jalan sepanjang lebih dari 16 juta kilometer di seluruh dunia. Layanan mesin pencari ini mengatakan peta gambar tersebut dapat diakses Street View dan setara dengan mengelilingi Bumi sebanyak 400 kali.

Google melalui Google Earth juga telah menangkap citra permukaan Bumi seluas 57,9 persen. Gambar-gambar tersebut mencakup area Bumi sebesar 98 persen.

Angka-angka ini menandai pertama kalinya Google merilis angka cakupan pemetaan Google Maps. Dengan jumlah pengguna bulanan hingga 1 miliar orang, Google Maps menjadi salah satu produk unggulan Google.

Editor: Ronny A. Buol

Bagikan !
Beri Donasi
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

CARI TAHU

Begini cara akses listrik gratis, layanan via Whatsapp beroperasi 6 April

Selain lewat Whatsapp bisa juga lewat website resmi PLN.

Bagikan !

Published

on

ZONAUTARA.COM – Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyampaikan layanan aplikasi pengirim pesan Whatsapp untuk pembebasan dan pengurangan tarif listrik dapat digunakan masyarakat mulai 6 April, kata Wakil Direktur Utama Darmawan Prasodjo di Jakarta, Jumat (3/4).

“Kami mendapat laporan Whatsapp kami bermasalah, tetapi bukan dari pihak PLN, tetapi dari Whatsapp-nya. Mereka akan meng-upgrade karena traffic-nya tinggi. Nomor itu akan bisa berjalan mulai hari Senin, tetapi saat ini masih tahap perbaikan,” kata Darmawan dalam jumpa pers di Graha BNPB, sebagaimana ditayangkan lewat siaran langsung via Internet (streaming)

Oleh karena itu, Darmawan menganjurkan masyarakat untuk mengakses laman resmi PLN, http://www.pln.co.id untuk mendapatkan informasi mengenai pembebasan tagihan listrik atau pengurangan tarif sampai 50 persen.

“Kami persilakan masuk ke website dan pilih menu pelanggan. Di sana, ada sub-menu ‘stimulus COVID-19’ seperti arahan Bapak Presiden (Joko Widodo, red). Silakan masukkan ID pelanggan atau nomor meternya dan masuk ke token token listrik gratis. Saat token gratis berhasil didapatkan, dipersilakan memasukkan angka tersebut ke KWh meter agar dapat diskonnya sesuai arahan pemerintah,” terang Darmawan.

Sementara itu, jika layanan Whatsapp sudah tersedia pada 6 April, masyarakat dapat mengirim pesan ke nomor 08122123123. “Ketik (pesan) apa saja, nanti dapat balasan. Masukkan ID pelanggan, nanti akan ada token listrik gratis yang kemudian bisa dimasukkan ke KWh meter,” terang dia.

Baca pula: Update virus corona, 181 orang meninggal

Perlu diketahui, tidak semua pelanggan berhak mendapat bantuan. Pasalnya, hanya ada dua kelompok yang menerima insentif, yaitu pelanggan listrik berkapasitas 450 Volt Ampere (VA) dan 900 VA bersubsidi.

Artinya, pelanggan listrik 900 VA yang memiliki kode ‘M’ pada nomor struk tagihan tidak mendapatkan bantuan pengurangan listrik sebesar 50 persen.

“Kalau pelanggan melihat struknya saat beli token, ada kode-nya R1M, M artinya mampu. Berarti walaupun 900 VA, mohon maaf mereka ini non-subsidi atau mampu sehingga tidak eligible (berhak, red) mendapatkan diskon sampai saat ini,” terang Darmawan.

Baca pula: Tabel sebaran perkembangan virus corona per provinsi

Presiden Joko Widodo lewat jumpa pers pada akhir bulan lalu memutuskan membebaskan tagihan pelanggan listrik berkapasitas 450 VA dan mengurangi tarif sebesar 50 persen pelanggan dengan daya 900 VA bersubsidi.

Bantuan yang diberikan pada April, Mei, dan Juni 2020 itu bertujuan mengurangi beban masyarakat terdampak pandemi COVID-19.

Menurut catatan PLN, ada 24 juta pelanggan listrik 450 VA yang akan menerima pembebasan tagihan listrik, sementara tujuh juta pelanggan dengan daya 900 VA bersubsidi akan mendapatkan diskon 50 persen selama tiga bulan. (*)

Bagikan !
Beri Donasi
Continue Reading

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com