bar-merah

Dua kali gempa guncang Boltim pagi ini

ZONAUTARA.COM– Bolaang Mongondow Timur pagi ini, Minggu (23/2/2020) dua kali diguncang gempa.

Gempa terakhir baru saja terjadi pukul 11:39 WIB sesuai dengan catatan BMKG.

Pada rilis BMKG tersebut gempa tercatat berkekuatan 5.2 Magnitudo dengan kedalaman 10 kilometer pada 135 KM tenggara Tutuyan.

Episentrum gempa terletak pada koordinat -0,27 Lintang Selatan (LS) dan 125,27 Bujur Timur (BT) atau 135 km arah tenggara Bolaang Mongondow Timur.

Gempa tidak berpotensi tsunami dan belum ada laporan kerusakan.

Gempa pertama terjadi pada pukul 10.08 WITA dengan kekuatan 5.3 Magnitudo pada 130 KM tenggara Tutuyan dengan kedalaman 10 Km.

Gempa dirasakan hingga ke Kotamobagu.

Menurut Wikipedia, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur adalah sebuah kabupaten di Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia dengan pusat pemerintahan berlokasi di Tutuyan. Kabupaten ini dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2008 yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Bolaang Mongondow.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat pada 2016, sebanyak 2.778 jiwa warga di Bolaang Mongondow Timur berisiko tinggi terhadap bencana gempa bumi. Potensi kerugian ekonomi dan fisik masing-masing diperkirakan mencapai Rp553 juta dan Rp15,67 miliar.

Laporan ini akan diupdate.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com