Connect with us

ZONA TERKINI

Dua kali gempa guncang Boltim pagi ini

Gempa terakhir berkekuatan 5.2 magnitudo.

Bagikan !

Published

on

ZONAUTARA.COM– Bolaang Mongondow Timur pagi ini, Minggu (23/2/2020) dua kali diguncang gempa.

Gempa terakhir baru saja terjadi pukul 11:39 WIB sesuai dengan catatan BMKG.

Pada rilis BMKG tersebut gempa tercatat berkekuatan 5.2 Magnitudo dengan kedalaman 10 kilometer pada 135 KM tenggara Tutuyan.

Episentrum gempa terletak pada koordinat -0,27 Lintang Selatan (LS) dan 125,27 Bujur Timur (BT) atau 135 km arah tenggara Bolaang Mongondow Timur.

Gempa tidak berpotensi tsunami dan belum ada laporan kerusakan.

Gempa pertama terjadi pada pukul 10.08 WITA dengan kekuatan 5.3 Magnitudo pada 130 KM tenggara Tutuyan dengan kedalaman 10 Km.

Gempa dirasakan hingga ke Kotamobagu.

Menurut Wikipedia, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur adalah sebuah kabupaten di Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia dengan pusat pemerintahan berlokasi di Tutuyan. Kabupaten ini dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2008 yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Bolaang Mongondow.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat pada 2016, sebanyak 2.778 jiwa warga di Bolaang Mongondow Timur berisiko tinggi terhadap bencana gempa bumi. Potensi kerugian ekonomi dan fisik masing-masing diperkirakan mencapai Rp553 juta dan Rp15,67 miliar.

Laporan ini akan diupdate.

Bagikan !
Beri Donasi
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ZONA TERKINI

21 persen pasien corona di Jatim sembuh, ada 22 orang

Pasien yang dinyatakan positif di Jatim hingga Rabu (1/4) ada sebanyak 103 orang.

Bagikan !

Published

on

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. (CNN Indonesia/Farid).

ZONAUTARA.COM – Persentase sembuh pasien yang terjangkit virus corona di Jawa Timur mencapai angka 21,36 persen atau sebanyak 22 orang. Hal itu disampaikan Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa.

Pasien yang dinyatakan positif di Jatim hingga Rabu (1/4) ada sebanyak 103 orang.

“Sebaran pasien yang dinyatakan sembuh tersebut yaitu 13 orang dari Kota Surabaya, 1 orang dari Kabupaten Blitar, 3 orang dari Kota Malang, dan 5 orang dari Magetan,” jelas Khofifah sebagaimana dikutip dari CNN Indonesia.

Menurut Khofifah, jumlah pasien yang sembuh tersebut lebih tinggi dari rasio kematian di Jatim yang sampai dengan Rabu, ada 9 orang meninggal dunia.

“Yang meninggal 8,74 persen,” ujar Mantan Menteri Sosial RI tersebut.

Sementara sisanya, yakni pasien positif yang masih menjalani perawatan di rumah sakit hingga kini sebanyak 72 orang, dengan persentase sebesar 69,90 persen.

“Apresiasi seluruh tenaga kesehatan yang sudah memberikan layanan terbaiknya, memberikan harapan kepada warga Jatim, bahwa 22 orang dari 103 sudah terkonversi sembuh,” kata Khofifah.

Sementara itu, dari catatan Khofifah, untuk kategori orang dalam pemantauan (ODP) per Rabu sebanyak 7.328 ODP. Namun angka itu merupakan kumulatif sejak 18 Maret lalu.

Dari jumlah tersebut, 1.409 orang di antaranya telah menjalani masa isolasinya selama dua pekan dan kini telah dinyatakan lepas dari pemantauan. Sehingga, total ODP yang tersisa menjadi 5.919 orang.

Lalu untuk kategori pasien dalam pengawasan (PDP), per Rabu secara kumulatif di Jatim ada 536 orang. Dari jumlah itu sejumlah orang yang kemudian dinyatakan positif meninggal dunia, dan ada yang telah merampungkan masa isolasinya. Sehingga total PDP di Jatim sebanyak 353 kasus.

Bagikan !
Beri Donasi
Continue Reading

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com