Connect with us

Zona Talaud

CEP hadir di Pelantikan Elly Lasut

CEP yang merupakan ketua Partai Golkar Sulut hadir bersama beberapa pimpinan Partai Golkar dan Partai Nasdem.

Bagikan !

Published

on

Foto: Istimewa

ZONAUTARA.COM – Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu atau CEP terlihat hadir pada pelantikan Bupati Kepulauan Talaud Elly Lasut dan Wakil Bupati Kepulauan Talaud Mokhtar Parapaga di Kementerian Dalam Negeri, Rabu (26/2/202) tadi pagi.

CEP yang merupakan ketua Partai Golkar Sulut hadir bersama beberapa pimpinan Partai Golkar dan Partai Nasdem.

Dari Nasdem terlihat anggota DPR RI Felly Runtuwene dan Ketua Nasdem Sulut Max Lomban. Ada pula Victor Mailangkay.

Pelantikan Lasut dan Parapaga yang terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada Serentak 2018, melewati sejumlah kontroversial.

Hari ini akhirnya keduanya dilantik oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian untuk masa jabatan 2019-2024.

Gubernur Sulawesi Utara saat ini, Olly Dondokambey yang seharunya melantik Elly, menilai Elly pernah menjabat sebagai Bupati Talaud selama dua periode.

Baca: Elly Lasut dilantik

Elly memang pernah menjabat Bupati Talaud periode 2004-2009, yang kemudian kembali terpilih pada tahun 2009-2012.

Namun, pada tahun 2010, Elly tersandung masalah dugaan korupsi perjalanan fiktif di Kabupaten Talaud tahun 2006-2008 senilai Rp 7,7 milliar.

Elly sudah berstatus tersangka sejak 9 Februari 2010 dan kemudian akhirnya ditahan pertengahan tahun tersebut. Namun, entah mengapa, status Elly sebagai Bupati Talaud yang telah ditahan kemudian di vonis bersalah dengan hukuman penjara 7 tahun pada Jumat (31/12/2010), tetap aktif.

Hal inilah yang kemudian mendasari pelantikan Elly sebagai Bupati Talaud terpilih terus tertunda.

Tarik ulur tentang Elly yang dianggap sudah menjalani dua masa periode sebagai Bupati Talaud, dinilai akan bertentangan dengan undang-undang yang hanya memberi kesempatan jabatan selama dua periode saja.

Bagikan !
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Zona Talaud

Di pulau terluar Miangas, langkah antisipatif virus corona tetap dilakukan

Semua penumpang dan calon penumpang diperiksa kesehatannnya.

Bagikan !

Published

on

Aktivitas saat kapal bersandar di dermaga Pelabuhan Miangas. (Foto: Zonautara.com/Suhandri Lariwu)

MIANGAS, ZONAUTARA.com – Dampak penyebaran virus corona terasa hingga ke berbagai pelosok Nusantara. tak terkecuali di pulau Miangas yang merupakan pulau terluar di utara Indonesia.

Maraknya pemberitaan mengenai virus corona, membuat stakeholder yang ada di Kecamatan Khusus Miangas, Kabupaten Talaud, Sulawesi Utara mengambil langkah antisipatif terhadap penumpang kapal yang masuk ke Miangas.

Langkah pencegahan penyebaran virus corona dilakukan dengan cara pemeriksaan kesehatan dan pembagian masker kepada semua penumpang yang turun dari kapal dan akan naik ke kapal.

Pihak Syahbandar Miangas bekerja sama dengan beberapa stakeholder melakukan pengawasan di pelabuhan yang menjadi jalur utama transportasi bagi masyarakat Kecamatan Khusus Miangas.

Anggota TNI memasang masker kepada calon penumpang kapal laut di Pelabuhan Miangas. (Foto: Zonautara.com/Suhandri Lariwu)

“Ini dilakukan sebagai upaya ikut mencegah penyebaran virus corona,” ungkap Syahbandar Kecamatan Khusus Miangas, Alfrets Wello, Selasa (17/3/2020).

Walaupun dengan peralatan seadanya, petugas medis di Kecamatan Miangas memastikan bahwa tidak ada penumpang yang turun dari kapal yang memiliki gejala tertular virus corona.

“Memang untuk peralatan pemeriksaan virus corona kami (Puskesmas) belum ada, tapi kami sebisa mungkin mengenali ciri-cirinya. Saat pemeriksaan tidak ditemukan penumpang dengan indikasi terjangkit virus corona seperti flu dan panas tinggi”, kata Cristelin Ginto, salah satu tenaga medis yang berada di pelabuhan.

Langkah antisipatif ini dilaksanakan oleh seluruh stakeholder diantaranya unsur TNI, Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa di Miangas,dan unsur Kepolisian, Pihak Syahbandar Miangas serta petugas medis.

Editor: Ronny Adolof Buol

Bagikan !
Continue Reading
Klik untuk melihat visualisasinya

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com