bar-merah

10 destinasi wisata dapat diskon tiket pesawat, termasuk Manado

pulau
Pantai di Pulau Lihaga, Likupang, Minahasa Utara. (Foto: Ronny A. Buol)

ZONAUTARA.COM – Pemerintah mengambil kebijakan memberikan diskon tiket pesawat untuk 10 tujuan destinasi wisata. Salah satu tujuan destinasi itu adalah Manado.

Sembilan destinasi lainnya adalah Batam, Denpasar, Yogyakarta, Labuan Bajo, Lombok, Malang, Silangit, Tanjung Pinang dan Tanjung Pandan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pemberian diskon tersebut mulai berlaku hari ini, Minggu, 1 Maret 2020, sesuai arahan dari Presiden Joko Widodo.

Pemberian diskon itu berlaku hingga Mei 2020.

“Pak Presiden secara langsung memimpin dua kali rapat terbatas, dimana memberikan kemudahan bagi turis domestik ke 10 destinasi,” ujar Budi, Sabtu (29/2) dikutip dari Kompas.com.

Untuk insentif pemberian diskon ini, pemerintah telah menganggarkan dana sebesar Rp 500 miliar.

Diskon yang diberikan berupa potongan harga sebesar 50 persen dari harga tiket dengan rincian 30 persen diberikan pemerintah dan sisanya diberikan oleh operator dari bandara dan PT Pertamina untuk bahan bakar avtur.

“Jadi jumlah yang akan mendapat diskon sekitar 430.000 orang,” ujar Budi.

Adapun kebijakan pemberian diskon tiket pesawat tersebut bertujuan mendongkrak pariwisata di 10 destinasi, karena terdampak virus corona.

Di Manado yang biasanya ramai dengan turis Tiongkok, kini nyaris tak terlihat lagi karena pembatalan semua penerbangan dari Tiongkok.

Di Bali, pergerakan pesawat yang biasanya mencapai 470-480, kini berkurang hanya sekitar 400 pergerakan. Turis di Lombok pun menyusut sekitar 20 persen.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Novie Riyanto mengatakan tujuan dari insentif ini untuk mendorong wisatawan domestik.

Harga Rp 900 ribu hingga Rp 1 jutaan

Diperiksa di situs Traveloka, harga untuk tiket pesawat Jakarta – Manado untuk penerbangan 4 Maret, terendah Rp 1.082.000 untuk penerbangan Lion Air pada pukul 08.15.

Sementara jika untuk pembelian seminggu kedepan, untuk rute Manado – Jakarta pada 11 Maret, harga terendah Rp 917.500 untuk penerbangan Citilink pada pukul 13.30.

Screen capture dari Traveloka Minggu 1 Maret 2020

Maya, traveller di Jakarta mengatakan menyambut gembira pemberian diskon tiket pesawat tersebut.

Maya, yang melayani jasa perjalanan keluar negeri khususnya ke Jepang, mengaku kebijakan ini akan mendorong masyarakat mengambil paket perjalanan.

Editor: Ronny Adolof Buol



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com