Virus corona kini sebagai pandemi

Ronny Adolof Buol
Penulis Ronny Adolof Buol
Foto istimewa



ZONAUTARA.COM – Terus bertambahnya orang yang tertular virus corona atau COVID 19 dan semakin meluas ke lebih dari 100 negara, membuat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan virus corona sebagai pandemi.

Kriteria spesifik untuk pandemi tidak ditentukan secara universal, tetapi ada tiga kriteria umum sebuah penyakit disebut pandemi, yakni virus yang dapat menyebabkan penyakit atau kematian, penularan virus orang-ke-orang yang berkelanjutan, dan bukti penyebaran ke seluruh dunia.

WHO mendefinisikan pandemi sebagai penyebaran penyakit baru ke seluruh dunia. Tercatat ada beberapa penyakit pandemi yang paling mematikan sepanjang sejarah, salah satunya cacar, campak, tipus, flu spanyol, black death, HIV/AIDS.

Hingga Kamis (12/3/2020) pagi, situs Johns Hopkins mencatat korban meninggal secara global sebanyak 4.615 orang, dan ada 125.865 orang yang terjangkit, termasuk 34 orang dari Indonesia.

Meski telah ditetapkan sebagai pandemi, Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menyatakan tidak mengubah tindakan global dalam penanganan penyakit ini.

“Menggambarkan situasi sebagai pandemi tidak mengubah penilaian WHO terhadap ancaman yang ditimbulkan oleh virus corona ini. Itu tidak mengubah apa yang dilakukan WHO, dan itu tidak mengubah apa yang harus dilakukan oleh negara,” tambahnya dikutip dari CNN, Rabu (11/3) di Genewa.

Ghebreyesus mengkhawatirkan penyebaran dan tingkat keparahan wabah virus corona, bersamaan dengan kurangnya tindakan yang diambil untuk memerangi virus.

“Covid-19 dapat dicirikan sebagai pandemi,” tegasnya.

Dia pun memperkirakan jumlah kasus dan kematian masih akan meningkat dalam hitungan hari dan pekan ke depan. 



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Follow:
Pemulung informasi dan penyuka fotografi
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com