bar-merah

Bagaimana covid-19 di benua Afrika?

Suasana pasar tradisional di salah satu negara di Afrika. (Sumber foto: https://africanarguments.org/)

ZONAUTARA.COM – Banyak yang bertanya apakah negara-negara di benua Afrika ikut terpapar covid-19? Jawabannya iya, meski pemberitaan tentang Afrika tidak segencar kasus virus corona di Amerika dan di Eropa.

Dalam data realtime yang disajikan situs Johns Hopkins, hingga Minggu (5/4/2020), sudah ada 181 negara yang melaporkan kasus terpapar virus corona.

Amerika Serikat kini berada pada urutan pertama dengan lebih dari 300 ribu orang terjangkit covid-19, hingga ke Timor Leste yang baru melaporkan satu kasus positif. Dari penelusuran beberapa sumber, hanya tersisa 18 negara anggota PBB yang kini tidak ada kasus penularan virus corona.

Baca: Negara mana saja yang bebas virus corona?

Lalu bagaimana kondisi di benua Afrika? Ternyata negara-negara di Afrika ini juga tak luput dari pandemi covid-19.

Di akses dari situs WHO, data per 1 April 2020 memperlihatkan jumlah orang yang positif terjangkit virus corona mencapai 5.834 orang.

Ada sebanyak 43 negara di Afrika yang melaporkan penularan virus corona. Afrika Selatan mencatat kasus terbanyak dengan 1500 orang terjangkit, menyusul berturut-turut, ada Algeria 1300 kasus, Kamerun 555 kasus dan Burkina Faso 302 kasus.

Negara lainnya seperti Pantai Gading ada 249 kasus, Senegal 219 kasus, Nigeria 201 kasus, Ghana 215 kasus dan Maurits 196 kasus.

Grafik tren kasus covid-19 di Afrika. (Sumber: WHO)

Beberapa negara di Afrika dengan jumlah kasus sedikit antara lain, Chad 8 kasus, Botswana 4 kasus, Gambia 4 kasus, Burundi 3 kasus serta Malawi 3 kasus.

Jumlah orang meninggal di negara-negara Afrika sejauh ini sebanyak 230 orang dan yang sembuh ada sebanyak 421 orang.

Kondisi covid-19 di Afrika. (Sumber: WHO)

Ebola

Afrika pada tahun 2014 menjadi perhatian dunia saat wabah penyakit yang disebabkan virus ebola menewaskan banyak orang di benua itu. Angka kematian akibat virus ebola kala itu mencapai 71%.

Baca pula: Update corona 5 April 2020, sudah 300 ribu orang terjangkit di Amerika Serika

Wabah ebola berawal dari Guinea pada Desember 2014 lalu menyebar ke Liberia dan Sierra Leone. Ebola kemudian menjangkiti penduduk di empat negara lainnya yakni Senegal, Nigeria, Mali dan Republik Demokrasi Kongo.

Virus ebola yang merenggut 3.400 orang itu, tidak meluas ke seluruh dunia sebagaimana virus corona saat ini. Ebola di luar Afrika hanya dilaporkan ada di Italia 1 kasus, Amerika Serikat 4 kasus, Spanyol 1 kasus dan Inggris 1 kasus.

Editor: Ronny Adolof Buol



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com