Connect with us

Zona Tomohon

Pasien positif Corona di Tomohon terbanyak ada di kecamatan ini

Total kasus positif di Tomohon menjadi 16 kasus.

Bagikan !

Published

on

Petugas sedang memeriksa suhu tubuh terhadap pengendara di Tomohon. (Foto: Zonautara.com/Ronny A. Buol)

TOMOHON, ZONAUTARA.com – Angka kasus positif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kota Tomohon terus mengalami peningkatan.

Tercatat, dalam dua hari Selasa (19/5) hingga Rabu (20/5), berdasarkan keterangan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tomohon Yelly Potuh, ada penambahan sebanyak enam orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Tomohon.

Pasien positif tersebut, yakni pertama, pasien laki-laki, berumur 47 tahun, asal Kecamatan Tomohon Selatan, yang merupakan kontak erat dengan pasien positif sebelumnya dan kini dirawat di RSUD Anugerah Tomohon.

Kedua, pasien perempuan, berumur 45 tahun, asal Kecamatan Tomohon Selatan, yang juga merupakan kontak erat dengan pasien positif sebelumnya dan kini dirawat di RSUD Anugerah Tomohon.

Ketiga, bayi berusia satu tahun, asal Kecamatan Tomohon Selatan, kontak erat resiko tinggi dengan pasien positif sebelumnya dan kini sedang dirawat di ruang isolasi RSUD Anugerah Tomohon.

Keempat, pasien perempuan, 50 tahun, dari Kecamatan Tomohon Selatan, kontak erat dengan pasien positif sebelumnya dan kini dirawat di salah satu RS swasta di Kota Manado.

Kelima, pasien perempuan, 72 tahun, dari Kecamatan Tomohon Selatan.

“Pasien ini sebelumnya berstatus PDP dan setelah keluar hasil swab test terkonfirmasi positif Covid-19. Pasien bukan pelaku perjalanan dan saat ini sementara dirawat di ruang isolasi RSUD Anugerah Tomohon. Saat ini masih sementara ditelusuri karena masih bersifat individual case,” kata Potuh, dalam press release, Rabu (20/5/2020).

Keenam, pasien perempuan, berusia 50 tahun, dari Kecamatan Tomohon Selatan, yang merupakan kontak erat dengan salah satu dari lima pasien terkonfirmasi positif sebelumnya dan kini dirawat di ruang isolasi RSUD Anugerah Tomohon.

“Dengan demikian, total pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Tomohon (secara akumulatif) ada sebanyak 16 orang. Sepuluh orang sementara dirawat, dengan rincian satu dari orang Kecamatan Tomohon Tengah, sembilan orang dari Kecamatan Tomohon Selatan. Sembuh sebanyak lima orang dan satu orang meninggal dunia,” ujarnya.

Kecamatan Tomohon Selatan pun merupakan wilayah yang memiliki pasien positif Covid-19 terbanyak.

Dengan adanya peningkatan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Tomohon, Potuh berharap, masyarakat terus meningkatkan kewaspadaan dan menaati imbauan pemerintah, serta menjalankan seluruh protokol kesehatan yang dianjurkan.

“Ada peningkatan kasus sebanyak 60%. Hal ini memberikan warning bagi kita masyarakat Kota Tomohon, agar terus meningkatkan kewaspadaan,” ujarnya.

Menurut Potuh, masih ada beberapa kasus yang asal terjangkitnya pasien masih ditelusuri karena tidak memiliki riwayat perjalanan.

Artinya, kata Potuh, Tomohon sudah memiliki kasus individual atau penjangkitan transmisi lokal.

“Untuk itu, jangan lagi ada yang menganggap remeh dan bersikap acuh tak acuh. Mari kita lebih patuh dan peduli guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 untuk keselamatan jiwa kita dan keselamatan banyak orang,” ujarnya.

Potuh menambahkan, data Covid-19 hingga Rabu kemarin yakni, pelaku perjalanan sebanyak 1.384 orang. Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 22 orang.

Sementara, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 19 orang, dengan rincian 10 orang sementara dirawat, yang berasal dari Tomohon Utara, Tomohon Timur, Tomohon Tengah masing-masing satu orang, Tomohon Barat sebanyak dua orang dan Tomohon Selatan sebanyak lima orang.

Para PDP tersebut pun sementara dirawat di Rumah Sakit (RS) Prof Kandou Manado, RS Anugerah Tomohon dan salah satu rumah sakit swasta di Tomohon.

Untuk PDP meninggal dunia yang sementara menunggu hasil swab test sebanyak delapan orang. Sementara, ada satu orang PDP yang sudah keluar dari rumah sakit namun masih menunggu hasil swab test.

Dan untuk orang yang selesai dipantau dan dinyatakan sehat sebanyak 1.346 orang.

Tracing pun sudah dilakukan terhadap 680 orang. Pemeriksaan rapid test juga terus dilakukan di Kota Tomohon.

Editor: Ronny Adolof Buol

Bagikan !

ZONA DAERAH

Tinjau Wawo, WL matangkan rencana pembangunan venue Paralayang

Published

on

Wenny Lumentut saat berada di puncak Wawo Tomohon. (Foto: Istimewa)

TOMOHON, ZONAUTARA.comUntuk yang kesekian kalinya, legislator Sulawesi Utara (Sulut) Wenny Lumentut melakukan kunjungan ke perkebunan Wawo di Kota Tomohon.

Teranyar, Ketua Fraksi Nyiur Melambai DPRD Sulut ini mengunjungi lokasi tersebut, Selasa (2/6/2020).

Kunjungan Lumentut tersebut untuk mematangkan rencananya membangun venue olahraga Paralayang dan Paramotor.

“Lokasi ini (Wawo) memang layak untuk dibuat lokasi penerbangan Paralayang dan Paramotor,” ujar legislator daerah pemilihan Tomohon-Minahasa ini.

Menurut Lumentut, ada sejumlah spot yang telah dibidik untuk dijadikan lokasi lepas landas bagi para penerbang olahraga dirgantara tersebut.

“Tentunya semuanya akan direncanakan dan dibangun sesuai dengan prosedur yang ada,” ujar Wakil Ketua DPRD Sulut periode 2014-2019 ini.

Lumentut menegaskan, panorama alam yang indah di sekitar bukit Wawo tersebut dipastikan akan menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk berkunjung di lokasi tersebut.

“Nantinya, jika terbang dengan Paralayang, akan dilihat keindahan Danau Linouw, Danau Tondano, sejumlah gunung berapi dan tentunya landscape Kota Tomohon yang indah,” pungkasnya.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Continue Reading
Klik untuk melihat visualisasinya

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com