ZONAUTARA.com – Film dokumenter biasanya memiliki esensi kehidupan nyata yang diperoleh dari kumpulan rekaman sejarah, foto-foto, bincang-bincang, audio, atau perjalanan kehidupan dari tahun ke tahun.

Potongan adegan dari dunia nyata dalam berbagai bentuk akan digunakan di dalam film dokumenter. Film dokumenter juga bisa menggunakan rekaman kegiatan sehari-hari termasuk sesuatu yang sangat pibadi, bahkan intim.

Di dunia perfilman ada banyak film dokumenter yang diputar di layar lebar. Dari beragam subjek seperti kriminal, olahraga atau bahkan pembuatan film sebagai tema dari filmnya.

Nah, berikut adalah daftar beberapa film dan series dokumenter terbaik versi Netflix.

Conversations with a Killer: The Ted Bundy Tapes

Pembunuh berantai terkenal, Ted Bundy, adalah seorang yang unik, karena pada akhirnya ia tidak mengakui kejahatannya — termasuk kasus pembunuhan yang ia lakukan kepada setidaknya 30 wanita — sampai beberapa hari sebelum dia dieksekusi.

Empat bagian dokumen Conversations with a Killer: The Ted Bundy Tapes ini diambil dari serangkaian wawancara Bundy. Ia setuju untuk berbicara sebagai orang ketiga, menganalisis jenis orang yang mungkin telah melakukan kejahatan yang dikaitkan dengan dirinya.

Kaset rekamannya jujur nggak memberikan terlalu banyak informasi. Tetapi, film dokumenter ini menjawabnya. Joe Berlinger sebagai sutradara film dokumenter terbaik ini mewawancarai mereka yang berinteraksi dengan Bundy secara pribadi. Mereka pun diminta untuk menceritakan kehidupan dan kejahatan si pembunuh, menyandingkan mereka dengan kebohongan yang sering diceritakan Bundy tentang dirinya.

The Ted Bundy Tapes adalah sebuah film yang mengasyikkan untuk ditonton, memberikan suara bagi para korban Bundy sembari juga menjelaskan bagaimana ia dapat menghindari otoritas hukum begitu lama.

The Great Hack

The Great Hack merupakan salah satu film dokumenter paling ‘mengganggu’ di tahun 2019. Film ini melakukan pendalaman terhadap skandal Facebook-Cambridge Analytica, yang menceritakan bagaimana Facebook, sang raksasa media sosial ternyata menggunakan data pribadi yang diambil dari para penggunanya.

Melalui wawancara dengan jurnalis investigatif dan seorang whistleblower Cambridge Analytica, Brittany Kaiser, film ini menawarkan penyelaman mendalam yang mengejutkan tentang bagaimana data telah menjadi sumber daya paling berharga di planet ini.

Juga tentang bagaimana data digunakan untuk menargetkan pengguna dengan iklan dan “video viral” palsu, serta berguna bagi perpolitikan yaitu untuk ‘menyetir’ suara pada pemilihan umum besar.

Miss Americana

Film dokumenter terbaik, Miss Americana, mengajak kita melihat bagaimana sosok Taylor Swift yang ternyata juga sama seperti manusia biasa layaknya kita.

Miss Americana menceritakan kehidupan sang diva, mulai dari caranya menghadapi kecemasan saat terjun di dunia showbiz untuk pertama kalinya, menghadapi haters, fans, dan para artis Hollywood lain yang nggak menyukai dia, serta opini dan keterbukaan tentang isu dan pendapat politiknya di Amerika Serikat.

Selain itu, dalam film dokumenter ini juga kita bisa tahu bagaimana seorang penyanyi terkenal melakukan proses produksi album, serta kehidupan showbiz Hollywood yang mungkin belum kalian tahu.

Miss Americana dapat mengubah pendapat dan pandanganmu terhadap Taylor Swift, yang ternyata nggak seperti yang media sering dengungkan.

American Factory

Pernahkah kamu berpikir bagaimana keadaan industri dunia, khususnya Amerika. Terlihat mewah dan megah, namun perlakuan terhadap tenaga kerjanya mungkin tak sebaik yang kamu kira.

American Factory adalah sebuah film dokumenter terbaik pemenang penghargaan Oscars tahun 2020, menceritakan tentang pabrik General Motors yang sudah tidak beroperasi di Dayton, Ohio. Ketika ada seorang miliarder China berinvestasi di dalam pabrik tersebut dan mengubahnya menjadi fasilitas pembuatan kaca baru untuk perusahaannya, Fuyao.

Jika kamu pernah bekerja di pabrik atau menjadi bagian dari kedua sisi baik itu, karyawan dan pimpinan, kamu tahu bagaimana cerita dan rasanya. Sebelumnya, pada Festival Film Sundance 2019, film ini memenangkan penghargaan “Film Dokumenter Terbaik” dan mendapat perhatian dari Netflix.

Jiro Dreams of Sushi

Meskipun kamu tidak begitu menyukai sajian sushi, namun kamu akan dibuat lapar oleh film dokumenter terbaik ini. Tidak hanya memotret makanan lezat dari Jiro Ono, film Jiro Dreams of Sushi juga menyajikan soal etos dan gairah kerja.

Penjelajahan sang sutradara, yaitu David Gelb untuk mendokumentasikan kesempurnaan total dari satu orang bernama Jiro Ono ini benar-benar menawan. Gelb bisa saja membuat film dokumenter tentang siapapun yang berada di puncak bidangnya, tetapi ia memilih untuk berfokus pada Jiro Ono.

Tidak hanya soal kuliner Jepang saja, film ini juga menampilkan hal yang menarik dari budaya Jepang, serta cerita tentang hubungan Jiro yang rumit dengan kedua putranya. Ini adalah film dokumenter yang dapat mengenyangkan perutmu, meski kamu nggak merasa lapar.

Itulah beberapa film dokumenter terbaik yang bisa kamu tonton di Netflix. Siapkan camilan untuk menjelajah ke kehidupan para tokoh terkenal!

Bagikan !