ZONAUTARA.com Seekor ikan mas milik Henry Kim, perancang busana dari Korea Selatan tertolong karena dibuatkan “kursi roda”.

Sejatinya kursi roda digunakan oleh seseorang yang terkendala dalam gerak, terutama kemampuan berdiri dan berjalan.

Henry mendapatkan ide membuatkan “kursi roda” bagi ikan mas piarannya, saat melihat ikan itu tidak bisa berenang dengan sempurna.

Ikan bisa terserang penyakit swim bladder disease atau penyakit gelembung renang yang sering ditemui pada ikan peliharaan di akurium. Menurut dokter hewan, ikan yang terkena penyakit gelembung renang cenderung mati dalam beberapa bulan.

Swim bladder atau gelembung renang adalah organ yang sangat penting bagi ikan karena membantu mereka agar seimbang dan tetap mengapung di dalam air.

Kelainan pada gelembung renang dapat membuat ikan berenang miring, tenggelam di dasar akuarium atau bahkan mengapung secara terbalik di permukaan.

Dikutip laman Ubergizmo, Henry Kim puas dengan “kursi roda” buatannya. Pasalnya, ikan mas peliharaannya dapat bertahan hidup lebih dari 5 bulan. Kursi roda ikan mas tersebut sangat membantunya berenang, sehingga sampai saat ini ikan mas tampak sehat, tetap beraktivitas, dan bisa makan dengan lahap.

Bagikan !