VIDEO: Menambang batu kapur di Lobong

Penulis: Ronny Adolof Buol

ZONAUTARA.COM – Selain penghasil nenas, Lobong dan daerah di sekitarnya di Kabupaten Bolaang Mongondow juga menjadi penghasil kapur.

Warga yang menggantungkan hidup mereka dari menambang batu kapur, bekerja di tungku-tungku pembakaran yang dibangun oleh pemilik lahan, yang tanah mereka terdapat batu gamping.

Batu gamping itu menjadi bahan dasar pembuatan kapur. Batu berukuran raksasa itu terlebih dahulu dibakar agar mudah dipecahkan menjadi ukuran–ukuran kecil. Batu-batu itu kemudian dimasukkan dalam tungku, lalu dibakar sebelum diproses menjadi kapur.

Hasil akhir kapur dijual ke para petambang, pemilik tambak udang dan pemilik lahan perkebunan yang memerlukan kapur. Saat ditemui, Minggu (2/8/220), beberapa pekerja di tungku menceritakan soal upah mereka yang minim serta peralatan yang sederhana dan tidak dilengkapi dengan peralatan keselamatan diri dan perlindungan kesehatan.

Tambang batu kapur



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Leave a comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com