bar-merah

Takut memulai bisnis, lakukan cara ini

ZONAUTARA.com – Rasa takut dalam memulai sesuatu merupakan hal yang wajar dan sering terjadi pada siapapun tanpa terkecuali.

Pikiran yang sering terlintas dalam benak pada umumnnya ketika kita memulai sesuatu selalu berbicara tentang takut gagal dan takut salah. Kedua hal ini seperti menjadi momok besar yang harus ditaklukkan oleh siapapun.

Sama halnya dengan saat memulai bisnis, bagi anak muda sampai yang sudah dibilang lebih tua, bisa saja merasakan ketakutan dalam memulai bisnis.

Dalam setiap ketakutan itu, kita terdorong untuk memiliki pilihan menyerah saja sebelum memulai atau malah memilih menghadapinya sambil mencari cara bagaimana menaklukan ketakutan itu.

Berikut ini beberapa cara yang dapat kamu lakukan ketika merasa takut dalam memulai bisnis.

Belajar dari kisah para pengusaha sukses

Tidak usah jauh ke luar negeri. Kita belajar saja dari Bob Sadino, seorang pengusaha sukses Indonesia yang dikenal dengan gayanya yang lucu tapi penuh inspirasi.

Kata Bob Sadino, bisnis yang baik adalah bisnis yang dikerjakan bukan ditanyakan terus. Pesan Bob Sadino ini patut jadi alasan bagi kamu untuk mencobanya loh. Jangan takut memulai karena intinya lakukan dulu.

Setiap pengusaha sukses yang sekarang pasti juga banyak gagal dan pernah melakukan kesalahan, namun itu bukan alasan untuk berhenti memulai dan mencobanya terus.

Memulai bisnis tapi tidak meninggalkan pekerjaan utama

Kamu yang memulai bisnis tapi berprofesi sebagai karyawan swasta, ada baiknya untuk saat ini ketika baru mulai berbisnis tapi jangan berpikir untuk meninggalkan profesimu.

Jalani saja keduanya dengan tetap berusaha semaksimal mungkin pada dua bidang yang sedang kamu jalani baik di bisnis maupun karyawan swasta.

Mendalami tentang ide bisnis yang akan kamu jalani

Ini hal yang penting juga loh buat kamu, karena dari sinilah kamu dapat mengerti di titik mana bisnis kamu ini memiliki kelemahan dan kelebihannya.

Misalnya dengan memulai bisnis jual pakaian online, kamu harus bisa mengetahui pasar kamu pada usia berapa dan kalangan apa, serta bagaimana cara mencari konsumen dan menarik perhatian mereka membeli produkmu. Lalu jangan lupakan kualitas gambar atau video yang memuat jualanmu, karena hal ini pun harus menjadi hal utama untuk dipertimbangkan.

Cobalah ikut workshop bisnis

Ada banyak kegiatan workshop bisnis yang bisa kamu ikut. Hal ini bisa menambah refrensi bagi kamu bagaimana sejatinya rahasia dalam berbisnis yang mungkin selama ini tidak kamu ketahui.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan saat merasa takut dalam memulai bisnis. Ingat bisnis yang baik adalah yang dikerjakan bukan ditanyakan.

Semangat terus yah?! Mulai saja dulu!



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com