VIDEO: Ma’zani, tarian asli suku Tombulu Minahasa

Penulis: Suhandri Lariwu

ZONAUTARA.comSuku Minahasa adalah kelompok etnis yang berasal dari semenanjung Minahasa di bagian utara pulau Sulawesi di Indonesia.

Suku Minahasa merupakan gabungan dari kelompok-kelompok sub-etnis yaitu Bantik, Pasan/Ratahan, Ponosakan, Tombulu, Tondano (Toulour), Tonsawang (Tombatu), Tonsea, dan Tontemboan.

Dengan banyaknya sub etnis menjadikan Minahasa kaya akan kebudayaan, salah satunya adalah tarain adat yang masih diperagakan oleh masyarakat suku minahasa, yakni tarian Ma’zani dari Tombulu.

Tarian Ma’zani diambil dari kata “zazanian” atau “raranian” yang berarti puji-pujian.

ZONAUTARA.com

Tarian ini masuk dalam jenis tarian Maengket. Yang membedakan adalah syair-syair dan arti dari gerakan tarian.

Menurut Gerry Rorimpandey yang merupakan anggota komunitas adat, seni dan tradisi Minahasa, Waranei Umbanua, tari Ma’zani menceritakan tentang bagaimana kita manusia mengucap syukur kepada yang Maha Kuasa atas hasil panen raya.

Menurut Gerry, yang membedakan tarian ini dengan Maengket adalah, tarian Maengket bisa dikatakan menceritakan lebih lengkap dan memiliki tiap babak dengan cerita yang berbeda-beda, bukan hanya soal padi atau panen raya.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Leave a comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com