bar-merah

6 bulan pandemi corona, 488 kabupaten/kota terdampak, 180 ribu kasus

Kasus corona di Sulut
Petugas kesehatan penanganan covid-19 dengan APD. / Foto: Zonautara.com/Ronny A. Buol

ZONAUTARA.COMHari ini, Rabu (2/9), genap enam kasus covid-19 di Indonesia berjalan. Pandemi hadir di Indonesia ditandai dengan kasus pertama positif yang diumumkan oleh Pemerintah pada 2 Maret lalu.

Sejak saat itu kasus demi kasus terus diumumkan pemerintah melalui Kementerian Kesehatan. Bahkan dalam beberapa pekan, kasus baru harian di atas 2000 kasus, dan beberapa kali melebihi 3000 kasus.

Hingga kini sudah ada 488 kabupaten/kota di seluruh Indonesia yang terdampak penularan virus corona.

Hari ini pemerintah kembali mengumumkan 3.075 kasus baru konfirmasi positif, sehingga total kasus positif selama enam bulan sudah mencapai 180.646.

Pemerintah berusaha lewat berbagai program dan kebijakan untuk menanggulangi penularan SAR-CoV-2, penyebab covid-19 itu. Angka orang sembuh terus diupayakan meningkat.

Alhasil dalam enam bulan penanganan, rasio kesembuhan ada pada angka 71,9 persen atau 129.971 orang sudah sembuh.

Meski demikian jumlah orang meninggal dalam status positif covid-19 juga terus meningkat. Hari ini ada 111 orang yang meninggal. Adapun rasio kematian sebesar 4,2 persen.

Provinsi DKI Jakarta menjadi wilayah dengan kasus tertinggi, yakni mencapai 40.987 kasus, diikuti Jawa Timur dengan 33.893 kasus positif.

Hingga hari ini, total, pemerintah sudah melakukan pemeriksaan terhadap 2.301.268 spesimen dari 1.333.985 orang yang diambil sampelnya. Artinya, satu orang bisa menjalani pemeriksaan spesimen lebih dari satu kali.

Walaupun angka kasus konfirmasi terus meningkat, tetapi di hampir semua daerah telah memberlakukan new normal. Bahkan sudah sangat sering terlihat, masyarakat tidak lagi menggunakan masker dan menjaga jarak.

Belum ada pihak yang mampu memprediksi kapan pandemi covid-19 ini berakhir kapan.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com