6 kesalahan saat mencuci wajah yang mungkin kamu lakukan

  • Share
Kecantikan wajah
Ilustrasi dari Pexels.com

ZONAUTARA.comMencuci wajah adalah salah satu rutinitas untuk menjaga kesehatan kulit wajahmu. Seharian beraktivitas pasti membuat berbagai macam kotoran debu, polusi, menempel di wajah. Kotoran kotoran ini jika tidak rutin dibersihkan akan menimbulkan masalah kulit yang lebih serius.

Kamu bisa membersihkan wajahmu dengan sabun favorit atau varian sesuai kebutuhan. Di pasaran sudah tersedia sabun khusus cuci wajah sesuai dengan masalah atau jenis kulit.

Ketika mencuci wajah, ada beberapa kesalahan yang mungkin kamu lakukan. Dan tanpa disadari bisa saja memicu masalah kulit. Berikut 6 kesalahan yang biasa dilakukan saat mencuci wajah.

1. Tidak mencuci tangan sebelum mencuci wajah

Seperti yang diketahui, tangan adalah sarang bakteri. Biasanya kita sering menyentuh banyak hal yang bisa menjadi sumber bakteri. Meski tidak beraktivitas di luar dan hanya dirumah, pastikan untuk membersihkan tangan anda sebelum menyentuh wajah ataupun mencuci wajah.

Baca Pula:  Komunikasi, kunci utama berkencan saat pandemi

Bakteri yang pindah kewajah dari tangan bisa dengan mudah menimbulkan berbagai masalah kulit.

2. Oleskan pembersih wajah ke kulit kering

Kulit kering biasanya lebih sensitif dibanding kulit berminyak. Rutinitas membersihkan wajah dengan sabun biasanya akan sekaligus membersihkan kandungan minyak pada kulit. Sehingga mengoleskan produk ini pada kulit kering justru akan menambah masalah.

3. Tidak menggunakan pembersih yang sesuai dengan type kulit

Dianjurkan untuk memilih pembersih wajah sesuai dengan tipe kulit kamu. Baca semua informasi yang ada dalam kemasan produk, atau cari tahu dulu referensi soal merek yang akan kamu beli.

Baca Pula:  Waspada! Ini tanda-tanda ada yang salah dengan tubuh anda

4. Tidak membersihkan kulit setelah menghapus riasan

Biasanya setelah menggunakan cairan toner untuk membersihkan riasan, para wanita akan membiarkan produk toner pada wajah tanpa dibersihkan.

Cairan toner tidak cukup untuk membersihkan riasan. Anda masih butuh untuk membersihkan wajah dengan air dxan sabun agar lebih maksimal.

5. Cuci muka dengan air terlalu panas/ terlalu dingin

Mencuci muka dengan air yang terlalu panas/ terlalu dingin akan merusak lapisan selaput sensitif di wajah anda. Hal ini juga akan memberi dampak kulit kering.

6. Menggunakan handuk kotor untuk mencuci/ mengeringkan kulit anda

Pastikan kebersihan handuk dengan rutin membersihkannya. Lebih baik jika memiliki handuk khusus untuk wajah. Anda juga perlu menghindari menggosok wajah anda terlalu keras dengan handuk.



  • Share

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com