ZONAUTARA.com – Selain menyenangkan, mendaki gunung juga bisa mengakibatkan ketagihan bagi siapa saja yang pernah melakukannya. Mendaki gunung merupakan kegiatan yang penuh dengan tantangan, apalagi bagi para pendaki gunung pemula.

Bahkan bagi pendaki senior, mendaki gunung juga harus tetap mengedepankan standar keselamatan pendakian gunung. Bagi pendaki pemula, memersiapkan diri sangat wajib dilakukan mulai dari mempersiapkan kemampuan teknis, fisik, kemanusiaan, dan pemahaman lingkungan.

Berikut kami sajikan beberapa tips untuk zonatarian mania yang ingin mencoba mendaki gunung

Memahami keterbatasan diri

Dengan memahami keterbatasan diri, pendaki pemula bisa mulai melatih dirinya agar bisa meningkatkan kemampuannya. berlatih sangat penting untuk pendaki pemula.

Banyak cara yang bisa dilakukan oleh pendaki pemula dalam meningkatkan kemampuannya, bisa dengan melatih penguasaan peralatan pendakian sebagai bagian dari kemampuan teknis dan melakukan olahraga rutin untuk melatih kemampuan fisik.

Hindari mendaki sendirian

Bagi seorang pendaki pemula, mendaki gunung sendirian harus dihindari, walaupun sudah yakin dengan kemampuan yang dimiliki. Sebisa mungkin kita ditemani oleh orang lain yang sudah berpengalaman, atau kita bisa gabung di komunitas pendaki gunung dan melakukan pendakian bersama.

Baca juga : 2 faktor bahaya di alam bebas

Ajak teman yang profesional atau gunakan jasa pemandu

Pendaki pemula bisa juga mengajak teman yang sudah sering naik gunung dan memiliki kemampuan yang baik di alam bebas. Atau bisa juga menggunakan jasa pemandu gunung yang resmi karena mereka memiliki informasi yang lengkap seputar pendakian gunung.

Persiapan dan pertimbangan seperti ini sangat penting karena mendaki untuk pertama kali harus menjadi pengalaman yang berharga buat kalian.

Latih diri untuk bisa memasak

Selain kemampuan fisik dan teknis, salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh pedaki pemula adalah memasak atau mengolah makanan. Ini berfungsi agar ketika kita berada ditas gunung kita tidak kesulitan dan bergantung pada orang lain jika kita dalam kondisi lapar.

Dan pengetahuan menyusun menu makanan juga sangat penting untuk dikuasai karena akan berpengaruh pada beban yang akan kita bawa nantinya.

Menabung untuk membeli perlengkapan

Untuk para pendaki pemula, biasanya peralatan yang dimiliki masih sangat terbatas. Seringkali kita masih meminjam peralatan dari teman yang lebih profesional.

Cobalah untuk mulai menabung agar bisa membeli perlengkapan sendiri, sehingga kita tidak bergantung pada orang lain.

Jangan meninggalkan sampah

Berbicara soal sampah, bukan hanya untuk pendaki pemula, semua pendaki gunung wajib hukumnya untuk tidak meninggalkan sampah ketika mendaki gunung.

Pendaki gunung bisa meminimalisir sampah yang dibawa dengan cara memilah perbekalan yang mengandung sampah. Sebisa mungkin penggunaan sampah dalam perbekalan diminimalisir.

Misalnya untuk kopi instan, kita tidak perlu membawa kopi sachet dengan bungkusnya, mengakali itu kita bisa menaruh kopi itu di wadah makan yang bisa kita bawa pulang lagi.

Bagikan !