ZONAUTARA.com – Menjadi orang tua yang dapat menjembatani si kecil agar menjadi seorang anak yang memiliki sikap dan karakter yang baik adalah impian bagi setiap orang tua yang dewasa yang mengerti hal ini.

Tugas orang tua pun sebenarnya melebihi dari tugas seorang guru di sekolah. Guru sebenarnya hanyalah tempat sang anak mempelajari hal-hal yang selama ini ia tak dapat di rumah atau mempertajam lagi setiap pengajaran yang ia dapatkan dari rumah.

Namun dalam perjalanannya, orang tua kadang sering menjadi batu sandungan bagi anak. Apalagi jika dikaitkan dengan bagaimana sikap mereka ketika menghadapi situasi sang anak yang belum mengerti dan banyak melakukan kesalahan.

Mereka terlalu mendikte dan banyak memarahi sang anak tanpa mengetahui akibatnya dalam tumbuh kembang mereka nanti. Cara orang tua pun dalam mendidik begitu keluar dari konteks bagaimana didikan itu seharusnya.

Berdasar kesalahan-kesalahan ini, di bawah ini kami sajikan beberapa cara yang bisa para orang tua terapkan ketika menegur anak yang berbuat salah, bukan dengan memarahi tapi lebih bijak lagi melalui cara-cara ini.

Lakukan interaksi dari hati ke hati dengan sang anak

Tenang ini bukan untuk tangis-tangisan, ini adalah hubungan orang tua dan anak saja. Kita bisa lakukan ini dengan ikut hadir bermain dengan sang anak, terlibat dengan aktivitasnya dan mengajaknya berdiskusi tentang hal ini.

Tidak ada batasan di sini, ia bebas melakukan apapun agar dirinya merasa nyaman dan kita harus bisa mengambil perhatiannya dan memberikan penjelasan secara mendalam padanya. Pelan-pelan kehadiran kita tidak menjadi ancaman dan ketakutan baginya, tapi mampu menjadikan kita pun sebagai teman serta sahabat untuknya.

Memberitahu akibat dari apa yang ia lakukan

Sang anak dengan usia nya yang masih belum memahami apa yang ia lakukan sepenuhnya, haruslah membuat kita mampu untuk menjelaskan akibat atau konsekuensi apa yang akan ia dapatkan dari hal ini. Toh daripada kita memilih memarahinya padahal ia sendiri tak tahu apa salahnya.

Beri sang anak penghargaan

Siapa yang tak senang mendapat sebuah penghargaan ketika ia mampu melakukan sesuatu yang baik, kita semua pun pasti ingin hal ini. Untuk itu, lakukan hal yang sama pada anak kita.

Jangan segan untuk mengatakan bahwa ia pintar, hebat atau memberikan reward berupa hadiah kecil bagi usahanya. Dari hal ini dengan sendirinya mereka juga akan mengerti bahwa setiap hal baik pasti akan berbuah hal baik lainnya bagi hidup mereka.

Lakukan penjelasan dengan cara bercerita

Hal seperti ini biasanya dapat dilakukan saat sang anak akan beranjak untuk tidur. Para orang tua pun bisa menyelipkan cerita yang menyangkut tentang kesalahan yang ia lakukan dan bagaimana seharusnya ia bertindak.

Hal seperti ini secara diam-diam dapat membuat ia mengerti dan menangkap maksud kita dengan baik tanpa mendengar omelan dan ocehan dari mulut kita.

Berbeda bukan dari kebiasaan kita yang mungkin sebelumnya hanya lebih memilih anak, yang sebenarnya ia sendiripun tak mengerti apa yang dilakukannya itu salah.

Itulah beberapa cara menegur anak yang benar ketika ia berbuat salah. Semoga bermanfaat yah!




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id