bar-merah

8 peristiwa langit terindah di bulan September

Ilustrasi langit malam (image: zonautara.com/zahra)

ZONAUTARA.com – Agustus lalu ramai dengan peristiwa hujan meteor yang terjadi setahun sekali dalam sekala besar. Masih berlanjut di bulan September.

Pada bulan ini planet-planet akan menjadi sorotan utamanya. Langit akan tampak lebih indah dengan hiasan fenomena-fenomena pada senja, malam, hingga kini.

Simak fenomena-fenomena yang akan terjadi September nanti. Dilansir dari akun Instagram catataninfo, akan ada 8 fenomena penampakan langit yang mengagumkan yang akan terjadi pada bulan September ini.

  1. Konjungsi Bulan Dan Mars (5-6 September)

Konjungsi bulan dan mars adalah penampakan bulan dan planet mars secara berdekatan. Keduanya akan tampak bertumpu pada satu sama lain pada jarak lima derajat.

Pada tanggal 5 september, kamu akan menyaksikan penampakan planet mars pada tumpuan lima derajat di bawah bulan.

Cara menikmati pemandangan ini sangat mudah. Anda hanya perlu mencari bulan yang sedang bersinar terang di langit timur. Kejadian ini mencapai puncaknya pada pukul 22.00 waktu daerahmu masing-masing.

Pada peristiwa ini, planet mars akan tampak seperti titik kecil berwarna merah namun tak berkelap-kelip.

2. Puncak Hujan Meteor Epsilon Perseid (9 September)

Tidak sehebat hujan meteor di agustus lalu, hujan meteor satu ini berasal dari komet yang berbeda. Pada peristiwa ini, kamu hanya bisa melihat sekitar lima meteor per jam. Kedua fenomena hujan meteor ini memiliki titik radian (titik muncul) yang sama di langit.

Untuk menyaksikan fenomena ini, carilah rasi bintang perseus di langit bagian barat daya. Pastikan langit di sekelilingmu cerah dan gelap ya.

3. Bulan Bertemu Dengan Venus (14 September)

Peristiwa ini bisa kamu saksikan sekitar pukul 04.00 pada 14 september nanti. Kedua benda langit ini akan bersandingan dengan jarak sekitar 4.21 derajat.

Kabar baiknya, kamu bisa menikmati fenomena ini dengan mata telanjang. Pada fenomena ini, bulan akan berada pada fase setengah sedangkan venus akan tampak seperti bintang yang paling terang di sisinya.

4. Komet 88P/ Howell Melintas (17 September)

Bersamaan dengan msuknya fase bulan baru, bumi akan kedatangan tamu langka. Komet 88P/Howell diperkirakan akan melintas dan tampak sangat terang pada 17 september 2020.

Menurut Space Tourism Guide, komet tersebut akan berada pada jarak 1.37 AU (1 astronomical unit = 50 juta kilometer) dengan bumi sehingga membuatnya cukup jelas dalam jarak pandang kita.

Tempat terbaik menyaksikan komet ini adalah daerah sekitar ekuator, dan Indonesia pastinya termasuk. Namun untuk pengamatan yang lebih jelas, kamu harus menggunakan teleskop.

5. Formasi Segitiga Bulan, Merkurius, Dan Spica (19 September)

Dua hari setelah melintasnya komet Howell, langit akan kembali menyuguhkan fenomena menarik. Formasi segitiga dari 3 benda langit yang akan saling berdampingan. Spica sendiri adalah bintang paling terang dari konstelasi Virgo.

Kunci untuk menemukan fenomena ini adalah dengan menemukan bulan yang saat itu akan berbentuk sabit. Di arah barat daya, kamu bisa menemukan spica dan merkurius.

Spica akan tampak seperti bintang raksasa berwarna biru, sedangkan merkurius dengan warna kekuningan.

Fenomena ini akan terjadi tepatnya pada pukul 19.00 waktu daerahmu.

6. Ekuinoks (22 September)

Ekuinoks merupakan fenomena dimana matahari akan berada tepat di atas ekuator di siang hari. Jenis ekuinoks yang akan terjadi pada bulan ini adalah autumnal equinox.

Fenomena ini menandakan pergantian musim panas menjadi musim gugur di area subtropics bumi. Fenomena ini terjadi karena sumbu rotasi bumi yang miring dan membentuk sudut 23.7 derajat.

Tidak ada peristiwa tertentu yang bisa diamati dari fenomena satu ini. Kamu hanya akan merasakan bahwa siang dan malam akan terjadi pada durasi waktu yang sama, yakni 12 jam.

7. Bulan, Jupiter Dan Saturnus Bertemu (25 September)

Meski merupakan dua planet besar, Jupiter dan saturnus hanya akan tampak bagai bintang tanpa kelap-kelip pada jarak pandang kita. Kamu bisa menyaksikan peristiwa ini pada 18.30 waktu daerahmu. Pertemuan ketiga benda langit ini akan berlangsung hingga tengah malam.

8. Penampakan Paling Indah Dari Planet Merkurius (30 September)

Waktu terbaik untuk melihat planet merkurius adalah pada tanggal 30 september. Pada hari ini, planet merkurius akan tampak sangat terang dari bumi.

Menurut Info Astronomy, pada 30 september ini planet tersebut akan berada sejauh 23 derajat dari matahari. Hal ini membuatnya tampak terang berderang.

Waktu terbaik untuk menikmati fenomena satu ini adalah setelah matahari terbenam. Kamu hanya perlu melihat kearah langit barat, dan akan tampak planet merkurius dalam bentuk titik berwarna kuning terang.

Banyak, ya, fenomena keindahan langit yang bisa dinikmati di bulan September ini. Ada yang sudah terlewatkan.

Pastikan kamu menyempatkan diri untuk menikmati fenomena lainnya ya?!



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com