bar-merah

Trik psikologis untuk membuat orang-orang semakin menyukaimu (1)

Zona Utara
Ilustrasi. (image: unsplash.com)

ZONAUTARA.com – Dalam interaksi sehari-hari pastinya ada orang-orang yang lebih kamu sukai dibanding yang lain. Bahkan kadangkala sulit bagimu mendeskripsikan alasan spesifik dari rasa sukamu itu.

Mungkin senyuman ramah, candaan konyol, bahasa tubuh, atau cara mereka bergaul. Semuanya adalah perkiraan-perkiraan yang tidak pasti.

Tapi, tahukah kamu persoalan ketertarikan seseorang pada orang lainnya memiliki faktor-faktor psikologikal yang mempengaruhinya. Dan ini sudah banyak dibahas dan diteliti oleh para ilmuwan.

Dilansir dari sciencealert.com, berikut beberapa trik yang bisa memengaruhi cara pandang orang terhadapmu secara psikologis.

  1. Lihat dia sebagaimana dia ingin dilihat

Orang biasanya ingin dipandang dengan cara yang selaras dengan keyakinan mereka tentang diri mereka sendiri. Fenomena ini dijelaskan oleh teori verifikasi diri, yaitu seseorang akan mencari konfirmasi atas pandangan pribadinya, baik positif ataupun negatif, dalam lingkup interaksi sosial yang dijalin.

2. Meniru gaya tubuh lawan bicaramu

Strategi ini disebut mirroring, yaitu meniru perilaku orang lain secara halus. Kamu bisa mencoba meniru bahasa tubuh, gerak tubuh, atau ekspresi lawan bicaramu saat berinteraksi. Orang-orang memiliki kecenderungan merasa lebih dipahami ketika kamu menunjukkan bahasa tubuh atau ekspresi yang sama dengan mereka.

3. Habiskan waktu lebih banyak

Ketika kamu memiliki seseorang yang ingin dijadikan teman atau berhubungan lebih dekat, kamu harus menghabiskan waktu lebih banyak dengan mereka. Menurut teori tentang efek pemaparan, orang-orang cenderung lebih menyukai orang lain yang tidak asing bagi mereka.

4. Memberi pujian

Ada teori tentang pemindahan sifat spontan atau dikenal dengan fenomena spontaneous trait transference. Teori ini menjelaskan bahwa orang-orang akan mengasosiasikan kata sifat yang kamu gunakan untuk menggambarkan orang lain dengan kepribadian dirimu. Gretchen Rubin, dalam bukunya yang berjudul the happiness project menjelaskan bahwa apapun yang kamu katakan tentang orang lain akan mempengaruhi cara pandang orang terhadap dirimu sendiri.

5. Cobalah untuk menghilangkan emosi negatif

Penularan emosional menggambarkan bagaimana seseorang akan sangat dipengaruhi suasana hati atau emosi orang-orang disekitarnya. Hal ini terjadi karena biasanya kita secara alami akan meniru gerakan dan ekspresi wajah orang lain, yang pada akhirnya membuat kita bisa merasakan perasaan yang mirip dengan lawan bicara kita.

Jika anda ingin membuat orang lain merasa bahagia saat berada didekat anda, lakukan yang terbaik untuk mengkomunikasikan emosi positif.

6. Hangat dan kompeten

Jika anda bisa menggambarkan diri anda sebagai orang yang hangat. Misalnya tidak kompetitif dan ramah, akan membuat orang-orang cenderung merasa bisa mempercayai anda.

Dan jika anda adalah orang yang kompeten, misalnya, jika anda memiliki status ekonomi atau pendidikan yang tinggi, orang-orang akan cenderung menghormati anda.

Tapi, dari keduanya, lebih penting untuk menunjukkan sifat yang hangat terlebih dahulu. Dari perspektif evolusi oleh Cuddy, dalam bukunya Presence, ia menjelaskan bahwa memiliki orang yang dapat dipercaya lebih penting bagi kelangsungan hidup.

Sehingga, orang-orang akan cenderung lebih menyukai anda yang ramah dan hangat.

7. Sesekali, kamu bisa menunjukkan kekurangan atau sisi lemahmu

Menurut efek pratfall, orang akan lebih menyukai kamu yang pernah melakukan kesalahan. Namun hal ini hanya berlaku setelah mereka yakin bahwa kamu adalah orang yang kompeten. Mengungkapkan bahwa dirimu tidak sempurna membuat kamu lebih mudah diterima orang-orang sekitar.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com