ZONAUTARA.COMUntuk para orang tua yang belum mengetahui bahayanya ketika kita menenangkan anak kita yang masih bayi dengan cara menimang dan mengayunnya terlalu keras, artikel ini mungkin dapat membantu anda memahami hal tersebut.

Kita tentu pernah mengalami saat di mana anak kita yang masih bayi sedang pada tahap rewel. Kita sudah melakukan berbagai hal mulai membujuk dengan ASI, menyanyikan lagu, dan juga yang sering kita lakukan adalah menenangkan bayi dengan cara mengayun.

Tapi, tahukah moms and dads bahwa mengayun bayi bisa berdampak buruk bagi kesehatan sang bayi loh.

Dilansir dari alodokter.com, hal itu bisa berdampak kepada apa yang dinamakan dengan shaken baby syndrome. Sindrome ini menyebabkan gangguan pada area kepala seperti pembengkakan otak, pendarahan retina mata dan juga otak, karena disebabkan oleh guncangan yang terlalu keras.

Kondisi anggota tubuh bayi khususnya otak yang masih lunak, pembuluh darah yang tipis dan otot leher yang lemah menyebabkan bayi dapat mengalami hal ini shaken baby syndrome.

Setidaknya ketika bayi mengalami hal ini ada dua gejala yang timbul. Saat bayi mengalaminya dengan tidak terlalu parah akan terjadi, sikap rewel, gangguan pernapasan, muntah, kulit pucat, tidak nafsu makan, tremor dan lemas serta mengantuk tiap saat.

Namun, saat gejala yang parah, dapat mengakibatkan terjadi koma, syok, kejang dan terjadi kelumpuhan pada bayi.

Bagikan !