bar-merah

Tidak efektif tangkal Covid-19, masker scuba dan buff dilarang

zonautara.com
Ilustrasi masker

ZONAUTARA.com – Masker scuba dan buff dinilai tidak efektif untuk menangkal virus corona sehingga penggunaannya kini mulai dilarang.

Hal tersebut dikatakan oleh Satuan Tugas (Satgas) Penangan Covid-19 Wiku Adisasmito lewat kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Selasa (15/9/2020).

Wiku menjelaskan, masker scuba dan buff adalah masker dengan satu lapisan saja dan terlalu tipis sehingga kemungkinan untuk tembus lebih besar.

“Selain itu, masker scuba biasanya mudah untuk ditarik ke leher sehingga penggunaannya tidak berarti,” jelasnya.

Menurut dia, masker menjadi alat penting dalam mencegah penularan virus corona sehingga masyarakat perlu memakai masker yang berkualitas seperti masker bedah atau kain katun tiga lapis.

Tidak efektifnya masker satu lapisan ini, juga sudah dibuktikan dengan penelitian dari Kepala Petugas Medis Pusat Medis Regional Kalispell Dr. Doug Nelson.

Penelitian yang dilakukan di Unevirsitas Duke, Amerika Serikat ini menyatakan bahwa droplets akan lebih banyak keluar saat menggunakan masker buff, dibandingkan dengan yang tidak memakai masker.

“Yang terpenting adalah memakai masker yang banyak lapisannya. Karena droplets dapat terserap pada lapisan pertama masker, tapi kemudian droplets tersebut tidak bisa melewati lapisan kedua dan ketiga,” ungkap Dr. Nelson.

Masker N-95 tanpa katup, masker bedah dan polipropilen merupakan jenis masker yang memberikan perlindungan paling baik.

Imbauan tidak mengenakan masker scuba dan buff sudah dilakukan oleh PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI) yang mewajibkan penumpangnya mengenakan masker yang lebih aman selama naik kereta rel listrik ( KRL).

VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba mengatakan, calon penumpang dianjurkan untuk menggunakan masker yang efektif menahan droplet.

Penumpang diimbau untuk tidak memakai masker scuba ataupun buff.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com