bar-merah

Tidak aman! Ternyata masker buff sama halnya dengan tidak memakai masker

zonautara.com
Masker buff (Foto: Istimewa)

ZONAUTARA.com – Masker kini menjadi hal yang penting saat berada di luar rumah.

Berbagai pilihan masker pun sudah di jual dimana-mana, namun tahukah kamu ternyata masker jenis buff tidak aman untuk dipakai di tengah pandemi covid-19 ini.

Hal itu dibuktikan dengan sebuah penelitian oleh Kepala Petugas Medis Pusat Medis Regional Kalispell Dr. Doug Nelson.

Dr. Nelson mengatakan bahwa di Universitas Duke telah melakukan penelitian terhadap keefektifan berbagai jenis masker.

“Penelitian yang dilakukan pada awal musim panas ini, pada dasarnya mengukur berapa banyak droplets yang keluar melalui berbagai macam masker yang diteliti,” katanya.

Dari hasil penelitian, masker N-95 adalah masker yang paling bagus. Sementara masker buff adalah yang terburuk. Seburuk layaknya tidak memakai masker.

“Dalam studi khusus ini, masker buff yang sering digantungkan di leher ini akan lebih banyak droplets yang keluar daripada orang yang tidak memakai masker sama sekali,” jelas Dr. Nilson.

Dr. Nilson menerangkan bahwa penelitian ini memang tidak meneliti semua jenis kain buff, tapi hanya menguji satu lapisan masker buff.

“Yang terpenting adalah memakai masker yang banyak lapisannya. Karena droplets dapat terserap pada lapisan pertama masker, tapi kemudian droplets tersebut tidak bisa melewati lapisan kedua dan ketiga,” ungkapnya.

Para peneliti menemukan bahwa partikel atau droplets dapat diblokir oleh beberapa masker yang diuji, dan tidak semua masker yang direkomendasikan.

Masker N-95 tanpa katup, masker bedah dan polipropilen merupakan jenis masker yang memberikan perlindungan paling baik.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com