bar-merah

Cara kontrol rasa lapar berlebihan

Ilustrasi. (image: pexels.com)

ZONAUTARA.com Sering kelaparan di waktu yang tidak tepat? Atau sudah makan tapi lapar lagi?

Lapar adalah sensasi alami sebagai alarm tubuh untuk memberi tahu bahwa kita sedang butuh makanan. Tapi nafsu makan berlebihan pun perlu dipertanyakan.

Apalagi jika kamu sedang menjalani program diet. Ketika kamu terus mengalami peningkatan nafsu makan dalam jangka panjang, coba cek mungkin ada masalah dalam pola gizi yang tidak seimbang ataupun beberapa kebiasaan yang membuatmu lebih mudah lapar.

Simak penjelasannya.

1. Kurang asupan serat

Dibanding karbohidrat yang biasanya dikonsumsi paling banyak, serat membutuhkan waktu pencernaan yang lebih lama. Sehingga memenuhi kebutuhan serat bisa bantu mengontrol dan kurangi nafsu makan berlebihan.

Serat juga dapat membantu memperlambat pergerakan makanan melalui usus.

2. Makan terlalu cepat

Butuh membutuhkan beberapa waktu untuk menerima dan mengeluarkan alarm kenyang. Makan terlalu cepat hanya akan membuatmu mengkonsumsi makanan lebih dari yang kamu butuhkan.

Jadi, kunyah makananmu perlahan sesuai jumlah kunyahan yang disarankan. Ketika menambah frekuensi mengunyah, kadar hormone terkait rasa kenyang dan kepuasan akan meningkat.

3. Makan sambil berdiri atau tidak focus

Mungkin kamu beberapa kali mendapatkan saran ketika menjalanani program diet untuk tidak makan sambil nonton. Duduk dan focus saat makan membantu otak mencatat apa yang kamu makan.

Sehingga dapat mengurangi kecenderungan makan berlebihan.

4. Melewatkan sarapan

Dari tiga jam makan yang umum paling sering dilewatkan adalah sarapan. Baik karena waktu yang agak mepet ataupun memang tidak terbiasa makan pagi. Tapi mulai sekarang cobalah untuk lebih teratur makan sebelum memulai aktifitasmu.

Melewatkan sarapan bisa menyebabkan pola makan yang tidak seimbang dan memicu kebiasaan tidak sehat.

5. Cobalah minum air sebelum makan

Ketika lapar kadang-kadang kita makan berlebih karena nafsu yang pada akhirnya malah membuat kenyang berlebihan. Cobalah untuk mengonsumsi air putih terlebih dahulu untuk lebih meredakan rasa laparmu. Hal ini akan membantumu untuk mengontrol porsi makanmu.

Nah, itulah beberapa tips supaya kamu nggak lapar melulu. Kebiasaan-kebiasaan kecil ini jika kamu patuhi pastinya kamu akan lebih mudah mengontrol nafsu makanmu yang berlebihan.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com