bar-merah

Tidak nyaman atau takut berinteraksi dengan orang? Mungkin kamu mengidap AvPD

Ilustrasi.com (image: pixabay.com)

ZONAUTARA.com – Apakah kamu sering menghindar dari situasi sosial? Atau bahkan takut berinteraksi dengan orang lain?

Sebenarnya hal ini wajar jika sesekali terjadi. Tapi, jika kamu mengalaminya lebih sering atau sampai pada keadaan ekstrem, bisa jadi kamu malah mengindap Avoidant Personality Disorder (AvPD).

AvPD ini adalah gangguan kepribadian yang mana penderitanya menghindari interaksi social karena merasa dirinya kurang dibanding orang lain. Atau istilah yang lebih popular dikenal adalah insecure.

Rasa insecure berlebihan adalah gangguan psikologi. Gejala yang umum dialami di antaranya mengisolasi diri; menghindari dan tidak mau berinteraksi kecuali ia sudah pasti disukai; menarik diri dari situasi sosial karena takut dikritik; ragu berlebihan untuk melakukan aktivitas baru; dan menghindari konflik.

Mengatasi masalah psikologi pada dasarnya lebih sebagai self healing dibanding be healed. Jika sakit fisik dan pergi ke dokter kita akan disembuhkan, maka hal ini tidak akan begitu bekerja pada masalah-masalah psikologi. Kita harus bisa membantu diri kita sendiri. Dokter hanya berperan sebagai pendamping.

Kalua kamu merasa memiliki beberapa masalah psikologi, mungkin kamu bisa mencoba mulai dari mengubah dan memperbaiki beberapa mindset. Untuk menghadapi AvPD mindset yang perlu diperbaiki adalah hal-hal berikut ini:

1. Takut dikritik dan dinilai orang lain

Kamu bisa mulai menganggap bahwa kritik dapat memotivasimu untuk menjadi manusia yang lebih baik. Sementara itu, anggaplah penolakan dari orang lain sebagai hal yang bisa membantumu untuk fokus pada orang-orang yang bisa menerimamu apa adanya.

2. Tidak percaya diri

Selalu ingat bahwa setiap manusia punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Begitu pula kamu. Isilah waktumu dengan kegiatan yang dapat mengembangkan dirimu sehingga kamu tidak fokus pada kekuranganmu saja.

3. Rasa malu yang nggak wajar

Cobalah untuk berani mengutarakan perasaan yang mengganggumu dan minta bantuan kepada orang yang kamu percaya. Dengan begitu, orang tersebut bisa membimbing dan menemanimu untuk beradaptasi dilingkungan baru jika diperlukan.

Kamu nggak kurang dari orang lain kok. Kamu itu cukup. Setiap kita pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jangan terlalu minder. Tidak ada yang sempurna. Kamu juga selalu bisa mengembangkan dirimu jadi lebih baik.

Ketika berinteraksi dengan orang-orang, kita sebenarnya harus bisa belajar bahwa semua orang tidak sama. Masing-masing memiliki karakter, kepribadian, pola pikir, dan pendapat masing-masing.

Begitu pun dengan kita. Kita harus. Dan itu tidak salah. Tetaplah percaya diri.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com