bar-merah

Solusi kulit berjerawat karena sering pakai masker di masa pandemi Covid-19

Ilustrasi. (image : edigitaltrade.com)

ZONAUTARA.com – Kondisi pandemi Covid-19 setiap harinya terus meningkat. Sampai hari ini, Rabu (07/10/2020), kasus positif Covid-19 capai angka 4.652 di Sulawesi Utara, dengan Kota Manado sebagai lokasi penyebaran kasus Covid-19 paling tinggi.

Untuk mengurangi potensi penularan, penggunaan masker menjadi solusi yang paling diharuskan. Masker menjadi hal yang wajib dipakai saat hendak beraktivitas di luar rumah.

Namun, penggunaan masker dalam waktu yang lama justru menimbulkan masalah pada kulit wajah berupa jerawat, yang dikenal dengan sebutan maskne.

Maskne atau mask acne merupakan jerawat yang terbentuk di area yang tertutup oleh masker, seperti dagu, hidung, atau pipi bagian bawah. Dan ini malah membuat orang-orang frustrasi karena mereka tidak menginginkan jerawat menghiasi wajahnya.

Dilansir dari laman BBC News, seorang spesialis kulit, Angeline Yong menjelaskan bahwa gesekan masker secara terus menerus ke wajah kita bisa menimbulkan luka kecil yang membuat bakteri dan kotoran mudah masuk ke dalam pori-pori.

Hal ini pada akhirnya bisa memicu iritasi dan peradangan pada kulit. Berhubung saat ini menggunakan masker tidak bisa ditinggalkan, alhasil kulit menjadi semakin meradang dan mudah tumbuh jerawat.

Ditambah lagi, berbicara dan menghela napas saat mengenakan masker dapat menjebak hawa panas yang membuat kulit wajah menjadi berkeringat serta lembap. Kondisi ini bisa menjadi sarana yang baik bagi kuman dan bakteri untuk berkembang biak.

Sebagai tambahan, masker-masker pelindung wajah tersebut faktanya dirancang untuk menghambat banyak hal secara alami, dan itu menjadi bencana bagi kulit wajah kita.

Selain karena masker itu sendiri, penggunaan masker yang tidak tepat juga bisa menimbulkan maskne, lho. Misalnya masker bedah yang digunakan berulang kali atau masker kain yang dicuci asal-asalan bisa menjadi tempat pertumbuhan bakteri dan kuman.

Kombinasi dari semua masalah ini sangat pas untuk memunculkan penyakit kulit, seperti biang keringat, eksim, dermatitis seboroik, rosacea, termasuk jerawat!

Setelah memahami penyebab dasar munculnya maskne ini, berikut beberapa upaya yang bisa dilakukan sebagai upaya untuk mencegah masalah kulit maskne ini.

1. Gunakan masker dengan bijak. Selalu sediakan lebih dari satu masker saat keluar sebagai cadangan saat masker mulai lembab dan pengap.

Jika kamu memakai masker bedah, pastikan tidak menggunakannya berulang kali ataupun seharian penuh. Ganti maskermu jika dirasa sudah terlalu lembap. Coba untuk selalu menyediakan 2–3 masker tambahan saat sedang beraktivitas di luar rumah agar kamu memiliki cadangan ketika masker yang sedang dipakai sudah perlu diganti.

Begitupun saat menggunakan masker kain. Jangan menggunakan kembali masker yang sudah dipakai, sebelum dicuci. Cuci masker kain dengan air panas untuk membunuh kuman yang menempel pada permukaan kain.

2. Setelah seharian mengenakan masker, jangan lupa untuk membersihkan wajah dengan rutin.

Setelah seharian beraktivitas di luar rumah mengenakan masker, bersihkan wajah dengan sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu. Memilih sabun wajah yang sesuai jenis kulit juga penting, karena penggunaan jenis sabun yang salah justru bisa memicu timbulnya jerawat. Kamu bisa coba pebersih wajah dengan kandungan ceramide untuk mencegah kulit wajah teriritasi dan kering.

3. Gunakan pelembap untuk menghidrasi kulit agar tidak kusam.

Pilihlah pelembab dengan bahan yang ringan dan tidak mengandung banyak minyak. Bila perlu, pilih produk pelembap yang menyejukkan sehingga dapat menenangkan kulit yang merah akibat tergesek masker.

4. Gunakan tabir surya

Jangan lupa juga oleskan tabir surya 15 menit sebelum kamu keluar rumah, ya. Pakailah tabir surya khusus wajah dengan kadar SPF 30 atau lebih untuk mencegah hiperpigmentasi kulit akibat sinar matahari.

5. Hindari penggunaan makeup terlalu tebal

Mengenakan make up yang terlalu tebal juga bisa menambah persoalan maskne ini. jika tetap ingin menggunakan make up, gunakanlah makeup yang ringan dan tidak terlalu tebal. Cobalah untuk memilih produk-produk berbahan dasar air yang lebih ringan ketika mengenakan masker, produk pelembab dengan formula ringan ini bisa menjadi pelindung dan mencegah peradangan kulit.

Itulah langkah-langkah yang bisa membantu agar kulit wajahmu bebas dari maskne meskipun kamu menggunakan masker seharian.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com