bar-merah

Tips aman gowes di Kota Manado saat pandemi

Ilustrasi. (image : unsplash.com)

ZONAUTARA.com – Jalanan di Kota Manado kian ramai dengan olahraga bersepeda. Aktivitas yang juga dikenal dengan sebutan gowes ini makin jadi trend alternatif pada fase new normal.

Lalu amankah bersepeda di tengah masa pandemi corona? Belum lagi tersebar isu bahwa menggunakan masker saat berolahraga termasuk bersepeda itu berbahaya. Benarkah?

Berolahraga di tengah pandemi sebenarnya tidak dilarang. Tetapi, protokol kesehatan yang berlaku harus tetap dipatuhi. Hal ini untuk meminimalisir resiko penularan Covid-19 yang mungkin terjadi.

Rustamadji, seorang dosen Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) Universitas Gajah Mada (UGM), sekaligus merupakan Ketua Satgas Covid-19 UGM membeberkan beberapa tips untuk menjaga keamanan saat bersepeda di tengah pandemi covid-19.

Berikut penjelasannya seper yang dilansir dari laman detik.com:

1. Meski diklaim dapat mengurangi udara yang masuk ke paru-paru, masker tetap wajib dikenakan

Idealnya, untuk bisa menangkal virus corona masker yang harus dikenakan adalah masker kain tiga lapis. Namun hal ini akan sulit diterapkan saat melakukan olahraga dengan intensitas berat. Oleh karena itu, goweser harus mengukur kemampuan tubuh dan jika saat bersepeda sudah terasa berat, intensitasnya harus diturunkan.

2. Intensitas bersepeda jangan terlalu berat

Rustamadji menuturkan, bersepeda dengan menggunakan masker tentunya berat. Oleh karena itu, dia menyarankan bersepeda hanya untuk bersenang-senang saja.

Cara mengetahui jika intensitas berolahraga yang kita lakukan adalah berat adalah dengan melihat cara berbicara. Jika sambil mengayuh masih bisa bicara dengan baik, itu artinya olahraga yang dilakukan masih ringan. Tapi, jika sudah mulai tidak jelas saat bicara, itu artinya kita mulai lelah.

3. Gunakan helm dan pakaian tertutup agar tetap terlindung saat terjatuh

4. Tetap terapkan jaga jarak antar pesepeda. Pemberian jarak bukan hanya dengan rombongan, namun juga saat berpapasan.

5. Cukup buat satu barisan

6. Selalu bawa hand sanitizer saat bersepeda

Salah satu barang yang tidak kalah penting saat pandemic ini adalah handsanitizer. Sebab, saat bersepeda belum tentu bisa menemukan fasilitas untuk cuci tangan.

7. Bawa air minum sendiri

8. Pilih jalan yang sepi

Pemilihan rute saat bersepeda juga harus diperhatikan. Memilih jalan yang sepi akan meminimalisir pertemuan dengan banyak orang.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com