bar-merah

Astaga! Kluster keluarga yang besar terjadi di Kota Tomohon

zonautara.com
Pemeriksaan rapid test di Dinkes Sulut. (Foto: Zonautara.com/Ronny A. Buol)

ZONAUTARA.com – Salah satu fenomena yang mendapat perhatian khusus dari Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) hari ini adalah adanya kluster keluarga yang cukup besar di Kota Tomohon.

Kluster ini terdeteksi dari adanya kasus 1 orang yang meninggal dunia, yang kemudian dilakukan tracking dan testing terhadap semua Kontak Erat Resiko Tinggi dari yang bersangkutan.

Juru Bicara Percapatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sulut Steaven Dandel mengatakan, dari hasil testing ini ditemukan adanya tambahan 14 kasus positif. Investigasi lanjutan akan dilakukan oleh Satgas Kota Tomohon, tapi beberapa hal yang perlu mendapatkan perhatian dari kasus ini adalah:

“Sebagian besar kasus kluster keluarga terjadi karena ketidak disiplinan dalam penerapan protokol kesehatan, karena selalu berasumsi bahwa anggota keluarga kita sudah aman dan tidak mungkin menjangkiti,” kata Steaven melalui rilis yang diterima Zona Utara, Jumat (16/10/2020) petang.

Menurutnya, kluster keluarga ini juga terjadi karena adanya acara-acara sosial dalam keluarga yang mengundang kerumunan tanpa adanya disiplin ketat. Masyarakat harus lebih disiplin lagi dan tidak menganggap remeh keberadaan penjangkitan dalam keluarga.

“Akibat dari kelalaian kita, bukan tidak mungkin orang yang kita sayangi dalam keluarga akan menjadi korban,” ujarnya.

Ditegaskannya, Satgas Covid 19 di Kabupaten dan Kota perlu mengawasi secara ketat pelaksanaan acara-acara sosial atau social gathering yang menyebabkan terjadinya kerumunan masyarakat.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com