ZONAUTARA.com – Sebagai makhluk sosial pastinya manusia tak bisa kalau hidup tanpa berdampingan dengan orang lain. Tapi, tak jarang juga kita sering merasa kesepian, entah itu karena kita mulai merasa tidak diperhatikan orang lain, sendiri, merasa tidak berharga dan dicintai, serta feeling disconnected dengan lingkungan luar.

Saat merasa kesepian, pasti suasana hidup kita seperti sedang gundah. Terkadang, ada juga orang yang terlihat sibuk bahkan bahagia ternyata merasa kesepian. Meski tidak tahu apa alasan pasti sampai perasaan sepi tersebut sering menghampiri hati dan pikiran.

Lansir dari IDN Times, sebagian orang tidak menyadari dia sebenarnya kesepian. Ada juga yang menyangkal bahwa dirinya mengalami hal itu. Padahal, kesepian bisa berdampak buruk bagi kesehatan mental jika tidak ditangani dengan benar.

Kamu bisa mengetahui apakah dirimu termasuk orang yang kesepian, dengan mengecek sejumlah tanda-tanda berikut ini.

  1. Sering mandi dalam waktu yang sangat lama

Menghabiskan waktu lumayan lama di kamar mandi bisa jadi tanda kamu kesepian. Sebab bisa jadi, kamu menghabiskan waktu di sana untuk memikirkan hal-hal tertentu.

Dilansir psychologytoday.com, ahli psikologis dan peneliti di Yale University bernama John Bargh, PhD, menyebut seseorang akan semakin sering mandi dan berendam jika merasa kian kesepian. Terutama mandi dengan menggunakan air hangat.

  1. Gampang diserang penyakit

Ternyata penyakit gak cuma tanda masalah kesehatan, melainkan juga jadi ciri-ciri orang kesepian. Ini ada alasannya. Sebab kesepian memicu produksi hormon stres yang memberikan efek buruk.

  1. Mengalami gangguan tidur

Jika belakangan ini kamu merasa sulit tidur di malam hari, waspadalah! Itu bisa jadi pertanda bahwa kamu sedang berada dalam kondisi kesepian.

Mungkin, kamu berpikir bahwa dengan kesepian, kamu bisa mendapatkan istirahat yang cukup. Akan tetapi, sebenarnya kesepian justru bisa membuatmu mengalami gangguan tidur, seperti insomnia.

Ini karena ketika kesepian, kamu akan memikirkan hal-hal yang buruk mengenai dirimu serta masalah yang tengah kamu hadapi. Jadi, cobalah berkumpul dengan teman atau pergi keluar sejenak untuk menghirup udara segar!

  1. Lebih mencintai benda daripada manusia

Terdapat sebuah fenomena di mana seseorang memiliki perasaan suka yang berlebihan terhadap sebuah benda daripada manusia. Istilahnya adalah material possession love.

Hal ini biasanya terjadi karena orang tersebut kurang bersosialisasi dengan orang lain, yang kemudian mulai menyukai dan merawat barang yang ia miliki. Dalam kondisi tertentu, dia pun merasa lebih menyukai berhubungan dengan benda daripada dengan manusia.

  1. Punya lebih banyak teman di dunia maya daripada teman yang sebenarnya

Memiliki lebih banyak teman di dunia maya daripada teman yang sebenarnya merupakan tanda bahwa kamu terlalu aktif dalam menggunakan media sosial. Artinya, ketika sedang merasa kesepian atau sendirian, kemungkinan besar orang-orang akan menghabiskan waktu untuk berselancar di media sosial dan internet.

Bagikan !