ZONAUTARA.com – Daud Ginting adalah seorang dokter di Kota Medan yang meninggal dunia akibat Covid-19. Beliau meninggal pada hari Minggu (30/8/2020) sekitar pukul 02.00 WIB.

Di usianya yang ke-66 tahun, dokter Daud merupakan alumni Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sumatera Utara dari tahun 1997. Dalam kesehariannya beliau bekerja di Rumah Sakit (RS) Mitra Sejati dan RSUD Dr Pirngadi, Medan.

Kabar meninggalnya dokter spesialis penyakit dalam tersebut beredar setelah beliau dirawat selama seminggu di RS Mitra Sejati. Beliau dirawat karena terinfeksi virus corona Covid-19.

Dokter yang bertugas di RSUD dr Pirngadi Medan ini juga sempat dirujuk dan dirawat selama seminggu pula di RS Martha Friska Multatuli sebelum meninggal. Duka menyelimuti warga Medan, Sumatera Utara, di hari Minggu, 30 Agustus 2020.

Saat dokter Daud meninggal dunia di RS Martha Friska Multatuli Medan, Sumatera Utara, sang istri juga dirawat karena Covid-19 di RS yang sama.

Dokter Umar Zein, teman seprofesi almarhum dokter Daud di Medan, memberikan komentarnya di laman nakes.laporcovid19.org. Menurutnya, dokter Daud adalah sosok teman sejawat, sahabat seperguruan yang sangat humble dan bersahaja.

“Senantiasa ceria dalam masa-masa sulit menjalani pendidikan. Selalu menghindari sekecil apapun konflik, ramah dan empati pada pasien. Ia menikmati profesi sebagaimana menikmati hobi. Hingga akhir hayatnya tetap mengabdi kepada masyarakat dan negeri,” kenang dokter Umar.

Dulu, lanjut dokter Umar, dokter Daud mengabdikan diri sebagai dokter puskesman di Irian Jaya, provinsi waktu yang tak banyak dokter mau bertugas ke sana. Pernah mendapat penghargaan sebagai Dokter Teladan di era Orde Baru.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia Medan dokter Wijaya Juwarna juga menyampaikan belasungkawa yang mendalam.

“Semoga darmabakti, dedikasi, dan pengabdian beliau akan menjadi suri teladan dan menjadi pendorong semangat bagi tenaga kesehatan dan relawan medis lainnya yang sedang berjuang melawan Covid-19,” tulis dokter Wijaya di nakes.laporcovid19.org.

Bagikan !