9 ilustrasi menggugah ini singgung eksploitasi manusia terhadap lingkungan hidup

Kontributor: Zahra
Penulis Kontributor: Zahra
Ilustrasi (image: pixabay.com)



ZONAUTARA.com – Eksploitasi adalah bentuk politik pemanfaatan yang secara sewenang-wenang atau berlebihan terhadap sesuatu subyek eksploitasi hanya untuk kepentingan ekonomi semata-mata tanpa mempertimbangkan rasa kepatutan, keadilan serta kompensasi kesejahteraan.

Anda barangkali sering mendengar beberapa ungkapan di bawah ini, yang semata hanya mementingkan life style:

“Wah, tasnya bagus ya? Kulit asli?”

“Pajangan rumahnya juga unik dan eksotis, dari gading gajah, tanduk rusa, dan cula basal.”

“Ruang tamunya pun mewah karena ada patung harimau yang sudan diawetkan.”

 “Lihat tuh mantel bulunya dari kulit beruang asli, lho!”

Tindakan ekploitasi paling umum dikenal sebagai perilaku buruk manusia kepada hewan di dunia. Eksploitasi terhadap satwa secara liar yang mengakibatkan kepunahan.

Berikut beberapa ilustrasi yang menggambarkan bagaimana perilaku buruk manusia terhadap hewan.

1. Badak

zonautara.com
Zonautara.com

Ada satu hal yang menyedihkan bahwa kelima spesies badak yang ada di dunia terancam punah. Badak dibunuh untuk diambil tanduknya, digunakan dalam praktik medis alternatif.

Vietnam dan Cina adalah negara-negara dengan perdagangan terbesar tanduk badak ilegal. Selain untuk pengobatan, cula badak juga dijadikan sebagai pajangan rumah.

2. Beruang kutub

zonautara.com
Zonautara.com

Kegiatan urbanisasi yang terus meningkat mengakibatkan pemanasan global dan kenaikan suhu yang signifikan. Meningkatnya suhu lingkungan berdampak pada berbagai kerusakan lingkungan. Salah satunya adalah cairnya es di Kutub.

Es yang mencair dan peningkatan suhu membuat beruang kutub kesulitan mengakses sumber makanan. Hal ini menyebabkan kelaparan pada beruang dewasa yang juga memberikan bencana bagi kelangsungan hidup generasi mereka karena sang induk kesulitan bertahan hidup atau memproduksi susu yang cukup untuk anak-anaknya.

3. Rusa

zonautara.com
Zonautara.com

Penjualan tanduk rusa sempat populer sebagai hiasan/ pajangan di rumah, meski kini penjualannya di Indonesia sudah dilarang.

4. Gajah

zonautara.com
Zonautara.com

Fungsi gading bagi gajah adalah sebagai pertahanan dalam melawan predator atau gajah-gajah dewasa lain yang merupakan ancaman. Gading juga digunakan untuk menggali, mencari makan, mengupas, dan memindahkan sesuatu.

Namun, banyak gajah yang justru menjadi target pemburu liar untuk diambil gadingnya. Salah satu penyebabnya adalah karena gading gajah dipercaya sebagai simbol keberuntungan dan dapat membawa kekayaan.

5. Harimau

zonautara.com
Zonautara.com

Kulit harimau sering dimanfaatkan oleh manusia untuk bisnis. Meski kebanyakan dari bisnis kulit harimau tergolong bisnis yang ilegal karena keberadaan harimau yang mulai mengalami kelangkaan sehingga dilarang untuk diburu.

6. Banteng

zonautara.com
Zonautara.com

Spanyol terkenal dengan salah satu tradisi kunonya yang masih lestari hingga sekarang yaitu bull fighting atau adu banteng. Pertunjukan adu banteng ini bahkan melibatkan penyiksaan bahkan pembunuhan banteng di atas arena. Meski di era modern hal ini menuai kontroversi dari berbagai kalangan terutama kalangan pecinta binatang.

7. Babi hutan

zonautara.com
Zonautara.com

Aktivitas manusia menyebabkan berbagai kerusakan lingkungan. Salah satunya adalah banyak satwa yang kehilangan lingkungan hidupnya, termasuk babi hutan.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com