bar-merah

Babinsa daerah perbatasan punya cara unik sosialisasikan protokol kesehatan

zonautara.com
Serda Frets Dumais, Babinsa Kampung Kawio, Kecamatan Marore, Kabupaten Kepulauan Sangihe, ikut membantu pengecoran lantai rumah milik keluarga Adinta Tamalinge.(Foto: Istimewa)

TAHUNA, ZONAUTARA.com – Serda Frets Dumais, Bintara Pembina Desa (Babinsa) yang berada di Kampung Kawio, Kecamatan Marore, Kabupaten Kepulauan Sangihe, punya cara unik menyosialisasikan protokol kesehatan kepada masyarakat.

Sebagai Babinsa yang bertugas di daerah perbatasan Indonesia-Filipina ini, Serda Frets ikut membantu pengecoran lantai rumah milik keluarga Adinta Tamalinge, Kamis (19/11/2020). Ia pun bahu-membahu dengan warga lainnya untuk menyelesaikan pekerjaan itu.

Ia memberi diri dan melakukan pekerjaan bersama masyarakat yang merupakan bagian dari pelaksanaan komunikasi sosial (komsos) di wilayah desa binaannya.

“Ini adalah cara berbaur dengan masyarakat, kemanunggalan TNI bersama rakyat yang harus terus dijalankan,” ujar anggota Koramil 1301-10/Marore ini.

Dengan cara ini, katanya, ia malah lebih gampang melakukan sosilisasi penerapan protokol kesehatan 3M yakni Mencuci tangan, Memakai Masker dan Menjaga jarak untuk pencegahan penyebaran virus Covid-19. Karena dengan menjaga kedekatan dan keakraban dengan masyarakat, sosialisasi akan dengan cepat diterima dengan baik.

“Warga kini menggunakan masker bila keluar rumah dan selalu menyempatkan diri untuk mencuci tangan seperti yang dianjurkan oleh pemerintah,” katanya.

Ia juga tak henti-henti menyambangi rumah warga binaan lainnya sebagai bentuk pelaksanaan komsos, untuk terus melakukan sosialisasi protokol kesehatan.

“Pupuk keharmonisan dan meningkatkan kerja sama dengan seluruh elemen masyarakat di wilayah perbatasan sangat penting. Guna menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” tutur Serda Frets Dumais.

Secara terpisah, Komandan Kodim (Dandim) 1301/Sangihe Letkol Inf Rachmat Christanto SIP mengatakan, Komsos yang dilakukan Babinsa yang ada di perbatasan Indonesia-Filipina merupakan salah satu upaya mewujudkan Kemanunggalan TNI dengan Rakyat. Babinsa dikatakannya merupakan ujung tombak Satuan Teritorial di lapangan.

“Diharapkan Komsos yang dilakukan oleh Babinsa dapat berdampak positif bagi masyarakat di wilayah perbatasan. Selain itu juga, dengan rutin menyambangi wilayah binaannya, Babinsa dapat lebih mengenal dan menguasai wilayahnya serta mengetahui setiap perkembangan yang ada di wilayah perbatasan ini,” terang Dandim.

Penulis: Fadli Tahulending/beritakawanua.com



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com