ZONAUTARA.com – Berhemat tidak membawa siapapun pada kemajuan yang lebih jauh. Namun, menabung, bila diinvestasikan dengan bijak, dapat menghasilkan keajaiban.

1. Konsultasikan dengan Penasihat Keuangan

Investasi tidak datang secara alami bagi sebagian besar dari kita, jadi sebaiknya konsultasikan dengan penasihat keuangan.

Bicaralah dengannya tentang tujuan keuangan dan tabungan Anda, lalu cari nasihat untuk instrumen investasi terbaik untuk mencapai tujuan Anda.

2. Pilih instrumen investasi Anda dengan bijak

Meskipun penasihat keuangan Anda akan menyarankan instrumen investasi terbaik, itu tidak ada salahnya mengetahui sedikit tentang yang umum, seperti rekening tabungan, Roth IRA, dan lain-lain.

Seperti halnya “tidak ada yang terlahir sebagai penjahat,” tidak ada instrumen investasi yang buruk atau baik. Penerapan instrumen itulah yang membuat semua perbedaan.

Sebagai aturan umum, untuk semua tujuan keuangan jangka pendek Anda, pilih instrumen investasi yang memiliki sifat hutang, misalnya deposito tetap, reksa dana utang, dll. Alasan memilih instrumen utang adalah peluang kerugian modal lebih kecil dibandingkan dengan instrumen ekuitas.

3. Peracikan adalah keajaiban kedelapan

Einstein pernah berkomentar tentang peracikan:

“Bunga majemuk adalah keajaiban dunia kedelapan. Dia yang memahaminya, menghasilkannya… Dia yang tidak… Membayarnya.”

Bertemanlah dengan anak ajaib ini. Semakin cepat Anda berteman dengannya, semakin cepat Anda akan mencapai lebih dekat ke tujuan keuangan Anda.

Mulailah menabung lebih awal sehingga waktu ada di pihak Anda untuk membantu Anda menghasilkan buah peracikan.

4. Ukur, ukur, dan ukur

Kita semua melakukannya dengan baik dalam hal menghasilkan lebih banyak per bulan tetapi gagal total dalam hal mengukur investasi dan mencatat bagaimana kinerja investasi kita.

Jika kita tidak mengukur kemajuan di saat yang tepat, kami merekam dalam kegelapan. Kami tidak akan tahu apakah tingkat tabungan kami sesuai atau tidak, apakah penasihat keuangan melakukan pekerjaan yang layak, atau apakah kami semakin mendekati target kami.

Ukur semuanya. Jika Anda tidak dapat mengukur semuanya sendiri, mintalah penasihat keuangan Anda untuk melakukannya untuk Anda. Lakukanlah dengan bijak!

Bagikan !