ZONAUTARA.com – Kapan pun kita berbicara tentang mengejar sebuah tujuan finansial, biasanya itu merupakan proses dua langkah, yaitu memastikan tabungan yang sehat dan melakukan investasi yang cerdas.

Anda perlu menabung secukupnya dan menginvestasikan tabungan itu dengan bijak agar mereka tumbuh selama periode waktu tertentu untuk membantu Anda mencapai tujuan.

Memastikan Tabungan Sehat

Realisasi diri adalah bentuk realisasi terbaik, dan kecuali Anda memutuskan bagaimana posisi keuangan Anda saat ini lalu Anda tidak menuju ke mana-mana.

Ini adalah titik fokus dari mana Anda memulai perjalanan pencapaian Anda tujuan keuangan.

1. Melacak biaya

Hal pertama dan terpenting yang harus dilakukan adalah melacak pengeluaran Anda. Gunakan salah satu aplikasi seluler pelacakan pengeluaran untuk mencatat pengeluaran Anda. Setelah Anda mulai melakukannya dengan rajin, Anda akan terkejut dengan betapa kecilnya biaya yang bertambah hingga jumlah yang cukup besar.

Juga kategorikan pengeluaran tersebut ke dalam kelompok yang berbeda sehingga Anda tahu ember mana yang memakan sebagian besar gaji Anda. Pencatatan ini akan membuka jalan untuk mengurangi pengeluaran yang tidak diinginkan dan meningkatkan tingkat tabungan Anda.

Jika Anda tidak yakin harus mulai dari mana saat melacak pengeluaran, artikel ini mungkin bisa membantu.

2. Bayar diri Anda dulu

Umumnya, tabungan datang setelah semua biaya diurus. Ini adalah kesalahan klasik saat menetapkan tujuan keuangan. Bayar diri sendiri terlebih dulu!

Idealnya, ini harus direncanakan secara terbalik. Kita harus membayar diri kita sendiri terlebih dahulu dan kemudian kepada dunia, yaitu kita harus mengambil jumlah tabungan yang direncanakan terlebih dahulu dan mengelola semua pengeluaran dari yang lain.

Cara terbaik untuk benar-benar menerapkan ini adalah dengan menempatkan tabungan pada mode otomatis, yaitu uang mengalir secara otomatis ke dalam instrumen keuangan yang berbeda (reksa dana, rekening pensiun, dll) setiap bulan.

Mengambil jalur otomatis akan membantu melepaskan kendali dan memaksa kita untuk mengelola apa yang tersisa, meningkatkan tingkat tabungan.

3. Buat rencana dan sumpah untuk mematuhinya

Belajar membuat anggaran adalah cara terbaik untuk mengatasi ketidakpastian yang selalu ditimbulkan oleh rencana keuangan. Putuskan sebelumnya bagaimana pengeluaran harus diatur.

Saat ini, beberapa aplikasi manajemen uang dapat membantu Anda melakukan ini secara otomatis. Pada awalnya, Anda mungkin tidak dapat sepenuhnya berpegang pada rencana Anda, tetapi jangan biarkan itu menjadi alasan mengapa Anda hentikan anggaran sepenuhnya.

Manfaatkan solusi teknologi yang Anda suka. Jelajahi opsi dan alternatif yang memungkinkan Anda memanfaatkan opsi dompet yang tersedia, dan memilih salah satu yang paling sesuai untuk Anda. Pada waktunya, Anda akan terbiasa menggunakan solusi ini.

Anda akan menemukan bahwa solusi tersebut mempermudah Anda untuk mengikuti rencana Anda, yang akan sulit jika tidak.

4. Jadikan menabung sebagai kebiasaan dan bukan tujuan

Di dalam buku Nudge yang ditulis Richard Thaler dan Cass Sunstein menganjurkan bahwa untuk mencapai tujuan apapun, itu harus dipecah menjadi kebiasaan karena kebiasaan lebih intuitif bagi orang untuk beradaptasi.

Jadikan menabung sebagai kebiasaan daripada tujuan. Meskipun ini mungkin tampak berlawanan dengan intuisi banyak orang, ada beberapa cara cekatan untuk melakukannya. Sebagai contoh:

  • Selalu makan di luar (jika ada) selama hari kerja daripada akhir pekan. Akhir pekan lebih mahal.
  • Jika Anda seorang penggemar perjalanan, cobalah bepergian selama musim sepi. Anda akan menghabiskan lebih sedikit.
  • Jika Anda pergi berbelanja, selalu cari kupon dan cari tahu di mana Anda bisa mendapatkan penawaran terbaik.

Poin utamanya adalah menyerap tindakan yang menghasilkan tabungan, bukan tabungan itu sendiri, yang merupakan hasilnya. Berfokus pada hasil akan memunculkan perasaan berkorban, yang akan lebih sulit dipertahankan selama jangka waktu tertentu.

5. Bicara tentang tabungan

Berpegang pada jadwal menabung (untuk mencapai tujuan finansial) bukanlah perjalanan yang mudah. Akan ada banyak gangguan dari mereka yang tidak sejalan dengan misi Anda.

Oleh karena itu, untuk tetap berada di jalur, kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang juga berada pada kereta musik yang sama. Diskusi harian dengan mereka akan membuat Anda termotivasi untuk terus maju.

6. Pertahankan jurnal

Bagi sebagian orang, menulis sangat membantu dalam memastikan bahwa mereka mencapai apa yang mereka rencanakan.

Jika Anda salah satunya, buat jurnal yang tepat, di mana Anda menuliskan tujuan Anda dan juga mencatat sejauh mana Anda berhasil mencapainya. Ini akan membantu Anda dalam meninjau seberapa jauh Anda telah mencapai dan tujuan mana yang telah Anda capai.

Ketika Anda memiliki komitmen tertulis di atas kertas, Anda akan merasa lebih bersemangat untuk mengikuti rencana dan berpegang teguh pada Itu. Selain itu, akan jauh lebih mudah bagi Anda untuk melacak kemajuan Anda.

Garis bawahi

Mengelola uang ekstra Anda untuk mencapai tujuan keuangan jangka pendek dan jangka panjang Anda dan menjalani kehidupan bebas hutang dapat dilakukan oleh siapa saja yang bersedia meluangkan waktu dan tenaga.

Gunakan tip di atas dan garis bawahi untuk membantu Anda memulai perjalanan Anda dalam menetapkan tujuan keuangan.

Bagikan !