Kerja cerdas, bukan keras! Begini tipsnya

7 mins read
Bekerja
ilustrasi (image: pexels.com)

ZONAUTARA.com – Saat menentukan sebuah tujuan atau target, kita akan membangun tangga pijakan demi mencapai tujuan. Semakin banyak anak tangga yang kita buat, semakin mudah pendakiannya.

Mengambil langkah tersebut bisa jadi menantang. Tetapi bagi mereka yang belum pernah melakukannya, tantangan yang lebih berat sebenarnya datang lebih dulu: mengukir langkah-langkahnya.

Begitupula dalam dunia kerja, kita membutuhkan tangga-tangga yang menjadi landasan sebagai cara kita bekerja. Agar bisa bekerja dengan lebih cerdas.

Seperti apa tatakan tangga yang sesuai, dan bagaimana menempatkannya? Mari kita mulai dengan definisi.

Menurut Merriam-Webster, tonggak sejarah memiliki dua definisi. Pertama literal: batu yang digunakan sebagai tiang penunjuk arah. Kedua, poin penting dalam perkembangan adalah apa yang dirujuk kebanyakan orang ketika mereka berbicara tentang membuat kemajuan menuju suatu tujuan.

Poin penting adalah apa yang Anda dapatkan dari itu— jika Anda belajar memasak, membuat telur dengan mudah tanpa merusak kuning telur mungkin penting bagi Anda. Tapi jika Anda seorang koki profesional, membuat telur mungkin tidak dihitung sebagai pemanasan.

Bagaimana Anda memutuskan apa yang penting?

1. Tentukan tujuan akhir/ capaian yang diinginkan

Apa yang sebenarnya ingin Anda capai? Apakah itu mengamankan pekerjaan di bidang Anda? Meningkatkan nilai rata-rata poin Anda di atas 3,0?

Ingat, sasaran memiliki banyak warna. Mereka mungkin bersifat pribadi, finansial, profesional, sosial, emosional, atau spiritual. Tidak ada tujuan yang “salah”, selama Anda mengetahui “mengapa” Anda dan berkomitmen untuk itu.

2. Selain titik akhir, titik permulaan juga penting untuk dikenal

Untuk menetapkan pencapaian, tidak cukup hanya mengetahui di mana Anda ingin berakhir — sama pentingnya dengan posisi Anda saat ini.

Melihat diri sendiri secara objektif itu sulit. Pikirkan tentang itu, dan mintalah orang lain untuk memeriksa nyali. Jika Anda tidak yakin bagaimana keterampilan bola basket Anda dibandingkan orang-orang yang pada akhirnya menjadi profesional, tanyakan pendapat pelatih atau rekan setim tepercaya.

3. Jadilah SMART

Setelah Anda tahu di mana Anda berdiri dan di mana Anda ingin berada, Anda siap untuk merencanakan beberapa titik jalan untuk diri Anda sendiri. Tentukan pencapaian seperti yang Anda lakukan untuk tujuan gambaran besar Anda — dengan sistem “SMART”.

Baca Pula:  5 hal ini harus kamu miliki sebagai fresh graduate

Tonggak pencapaian harus spesifik, terukur, rasional/ terjangkau, relevan, dan memiliki batas waktu yang jelas.

4. Kerjakan step by step

Jika menetapkan selusin tonggak sekaligus terlalu menakutkan, coba tetapkan tonggak baru hanya setelah mencapai yang terakhir. Jika Anda sedang belajar berenang, misalnya, Anda mungkin memutuskan gaya mana yang ingin Anda pelajari selanjutnya tergantung pada seberapa sulit Anda menemukan gaya terakhir.

Bukankah itu berarti pencapaian Anda secara keseluruhan. tujuan lebih sulit? Belum tentu. Anda hanya perlu mengetahui alur umumnya. Dengan contoh renang, rencana Anda mungkin untuk mempelajari gaya renang baru setiap minggu. Pukulan spesifik tidak menjadi masalah sampai saatnya untuk melatihnya.

5. Tuliskan

Saat Anda menetapkan pencapaian, tuliskan. Hal itu tidak hanya membantu Anda menentukan lebih jauh pencapaian – ingat sistem SMART — tetapi juga membuat Anda lebih mungkin untuk mencapainya.

Tonggak sebenarnya adalah tujuan yang terletak dalam tujuan yang lebih besar, dan penelitian menunjukkan bahwa menuliskan tujuan membuat Anda 42% lebih mungkin untuk mencapainya.

6. Bersikaplah Fleksibel

Berusahalah sebaik mungkin, Anda tidak akan memenuhi setiap pencapaian yang Anda tetapkan untuk diri sendiri. Jangan menghukum diri sendiri. Belajar dari kesalahan Anda, dan tetapkan satu lagi — dan mudah-mudahan lebih bisa dicapai — tonggak.

Apakah Anda perlu membuang tonggak lain karena Anda gagal memenuhinya? Belum tentu, tetapi Anda mungkin perlu menundanya.

Jika Anda tidak lulus tes pengemudi, Anda mungkin perlu mundur saat berlatih penggabungan ke jalan raya. Untuk menguasai tes Anda, Anda mungkin perlu mencapai tonggak sejarah baru dalam menghafal rambu jalan.

7. Selalu hadiahi/ apresiasi diri anda untuk tiap pencapaian

Hadiah tidak hanya untuk mencapai tujuan gambaran besar Anda. Motivasikan diri Anda untuk terus menetapkan pencapaian dengan memberi diri Anda hadiah kecil di sepanjang jalan.

Namun, berhati-hatilah agar tidak terlalu kecil. Sama seperti Anda tidak akan memberi teman atau klien hadiah yang murah, Anda juga tidak harus memberikannya sendiri.

Baca Pula:  Sampaikan pesan ini untuk orang terkasih yang sedang menghadapi masalah

John Ruhlin, pakar pemberian hadiah yang saya kenal, merekomendasikan aturan ini:)

Beri diri Anda sesuatu yang biasanya tidak pernah Anda beli tetapi ingin Anda miliki.

Tentunya, jangan keluar dan membeli mobil baru karena Anda menabrak tujuan langkah Anda. Tetapi botol air pribadi kelas atas mungkin hanya tiketnya.

8. Jangan lupa istirahat

Cara lain orang menurunkan motivasi diri adalah dengan bekerja keras hanya untuk mencapai tonggak berikutnya. Mereka menyalahkan diri mereka sendiri, misalnya, karena makan malam yang menyenangkan yang mereka nikmati saat liburan menghabiskan anggaran kalori mereka.

Hidup lebih besar dari satu tonggak sejarah. Jika Anda memiliki sesuatu untuk dirayakan, manjakan diri Anda sedikit. Jika hidup memberi Anda kemunduran, sadarilah bahwa mungkin perlu waktu untuk kembali ke jalurnya. Yang penting adalah Anda tetap bersikap positif.

9. Dapatkan Mitra Akuntabilitas

Jika Anda berjuang untuk menetapkan dan berpegang pada pencapaian Anda, jangan menyerah; mendapatkan pasangan. Pastikan seseorang yang akan bersikap tegas tetapi adil dengan Anda, seperti anggota keluarga atau teman dekat.

Jangan bersikeras bahwa mitra akuntabilitas maju melalui pencapaian Anda bersama Anda. Setiap orang memiliki tujuan masing-masing untuk dicapai. Namun, lakukan, minta dia meminta pertanggungjawaban Anda. Sarankan beberapa konsekuensi ringan jika Anda tidak mencapai tujuan seperti yang Anda harapkan.

Meskipun Anda tidak bisa mendapatkan mitra akuntabilitas, Anda dapat menggunakan salah satu aplikasi kalender Anda untuk menetapkan tujuan harian yang mengingatkan Anda pada setiap tujuan. Di akhir minggu, periksa kalender Anda dan lacak tujuan mana yang telah Anda capai.

Beberapa orang sudah merasa sulit menetapkan tujuan, jadi apalagi jika mereka harus menetapkan tonggak sejarah? Menentukan pencapaian juga berarti maju ke arah tujuan Anda yang lebih besar. Menentukan tonggak pencapaian Anda sendiri mungkin tidak mudah pada awalnya, tetapi Anda dapat mulai dengan 9 tip ini sampai Anda terbiasa.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com