Manado, ZONAUTARA.com – Akibat tidak tersedianya ruang tunggu bagi pemilih yang akan mencoblos di TPS 05 Winangun 1 Manado, sehingga terjadi penumpukan pemilih saat ingin menyalurkan suaranya dalam Pilkada 9 Desember 2020.

Pantauan di TP5 tersebut, terlihat penumpukan pemilih yang menunggu panggilan dari PPS. Meski mereka menggunakan masker, namun protokol kesehatan soal jaga jarak tidak diindahkan. Pemilih terlihat berkerumun sat menunggu masuk ke bilik suara.

Menurut Rully salah satu warga setempat, di TPS 05 petugasnya memang terlihat lambat sehingga ada banyak warga pemilih yang berkerumun. Dia khawatir kondisi ini rawan terjadinya penularan Covid-19.

“Kita disini sudah hampir 30 menit menunggu tapi belum juga dipanggil oleh anggota PPS sehingga banyak masyarakat yang mengeluh, apa lagi tidak ada ruang tunggu sehingga terlihat padat, masyarakatpun saling berdekatan,” ujar Rully.

Rully menambahkan, lokasi TPS 05 berada di jalan utama Kelurahan Winangun 1 berdekatan dengan mini market dan pasar swalayan, jika tidak diantisipasi oleh petugas setempat maka protokol kesehatan bisa terus diabaikan.

Sementara itu masyarakat yang akan memilih sebelum masuk ke ruang TPS, oleh anggota PPS dilakukan pengukuran suhu tubuh, dan pemilih wajib memakai masker serta mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer. Usai mencoblos pemilih juga langsung membuang sarung tangan dan diberikan tinta tanda selesai memilih.

Penulis : Ishak Kusrant




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id