Walikota Kotamobagu melihat kesiapan TPS dalam penerapan protokol kesehatan

Redaksi ZU
Penulis Redaksi ZU



ZONAUTARA.com – Sebagai pemimpin daerah, Walikota Kotamobagu Tatong Bara ingin memastikan secara langsung kesiapan tempat pemungutan suara (TPS) pada Pilkada Serentak 2020, terutama dalam hal penerapan protokol kesehatan.

Protokol kesehatan penting diterapkan di TPS demi mencegah penyebaran virus corona, saat pencoblosan nanti.

“Saya meninjau langsung kesiapan pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut, terutama kesiapan TPS, penyelenggara dan logistik, serta memastikan penerapan protokol kesehatan,” ujar Tatong, Selasa (8/12/2020).

Tatong menjelaskan, pentingnya protokol kesehatan di TPS. Sebab, menjadi pusat berkumpul masyarakat untuk memberikan hak suaranya.

“Penerapan protokol kesehatan di TPS dilakukan dengan sebaik-baiknya, teruama logistik yang diperlukan untuk menunjang penerapan protokol kesehatan,” kata Tatong.

Lokasi pemungutan suara atau TPS, harus steril dan selalu diperhatikan kebersihannya.

“Paling penting adalah kesiapan tempat cuci tangan, alat pengukur suhu tubuh, hand sanitizer, sarung tangan dan lainnya yang berkaitan dengan protokol kesehatan pencegahan covid-19,” sebut Tatong.

Selain itu, bilik khusus untuk pemilih yang suhu tubuhnya di atas batas normal juga perlu diperhatikan.

“Ini yang paling penting untuk selalu dibersihkan menggunakan cairan desinfektan. Tak hanya bilik, Namum seluruh area TPS wajib disemptrotkan cairan desinfektan setiap jam. Dikarenakan, masyarakat secara bergantian masuk ke dalam TPS,” ujarnya.

Selain protokol kesehatan, Tatong mengatakan TPS juga harus menerapkan coblang.

“Coblos dan pulang. Itu harus dilakukan masyarakat. Petugas juga wajib mengedukasi dan menyampaikannya ke masyarakat yang datang ke TPS,” pungkasnya.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com