Hitung cepat ungguli ODSK, Olly-Steven minta pendukung menahan diri

  • Share
ODSK
Pasangan ODSK saat debat pilkada lalu.

ZONAUTARA.com – Pasangan Olly Dondokambey dan Steven Kandouw (ODSK) meminta para pendukungnya menahan diri dari euforia kemenangan meski dalam hitung cepat, pasangan ODSK unggul dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara yang digelar, Rabu (9/12/2020).

“Kami menghimbau euforia kemenangan untuk tahan pelan-pelan, karena kita sedang menghadapi Covid-19,” kata Olly saat pidato kemenangan di kediamannya di Minahasa Utara.

Menurut Olly, perayaan kemenangan bisa dilakukan tanpa melakukan kegiatan mengumpul orang banyak.

“Dengan demikian kita sudah ikut menyukseskan program pemerintah dalam mencegah penularan Covid-19,” imbau Ketua DPD PDI-P Sulut itu.

Hasil hitung cepat atau quick count Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA di Pilkada Sulawesi Utara, pasangan calon (paslon) nomor urut 3 Olly Dondokambey-Steven Kandouw (Olly-Steven) unggul 58,11 persen.

Baca Pula:  Moeldoko kirim somasi ke ICW terkait tudingan dirinya terlibat bisnis obat Ivermectin

Sedangkan, paslon Christiany Eugenia Paruntu-Sehan Salim Landjar (CEP-SSL) nomor urut 1 memperoleh 32,94. Kemudian, paslon nomor urut 2 Vonnie Anneke Panambunan-Hendry Runtuwene (VAP-HR) hanya 8,95 persen.

LSI Denny JA menggunakan metode multistage random sampling, dengan sampel sebanyak 310 TPS se-Sulawesi Utara, dengan margir errornya 1 persen.

Data yang masuk sebanyak 96,45 persen surat suara dengan partisipasi masyarakat yang memilih 79,82 persen.

Berdasarkan data KPU Sulut, jumlah daftar pemilih di Pilkada Sulut 2020 sebanyak 1.880.495 dengan jumlah TPS 5.809.

Diketahui, pasangan petahana Olly-Steven diusung PDI-P dan didukung oleh Gerindra, Perindo, PSI, PKB, dan PPP.

Sementara pasangan CEP-SSL diusung oleh partai koalisi yakni Golkar, PAN, dan Demokrat. Sedangkan, VAP-HR diusung oleh Partai NasDem.

Baca Pula:  Konflik Afghanistan: 12 ribu warga telah dievakuasi

“Hasil ini saya kira sama seperti pilkada, pemilu dan pilpres sebelumnya. Hasil dari lembaga survei sangat ilmiah, di mana kami unggul berkisar 55-58 persen kemenangan, dan 60 persen suara sudah masuk. Lembaga-lembaga survei ini sudah mempertaruhkan kredibiltas lembaga mereka. Karena itu kami berani mendeklarasi kemenangan,” ungkap Olly.

Ia juga menuturkan, pihaknya juga punya data C1 di seluruh Sulut.

“Karena itu kami berani mendeklarasi. Kami berterima kasih kepada para pendukung, kader-kader partai dan seluruh simpatisan yang memberi dukungan suara kepada kita, terima kasih sebesar-besarnya,” tandas Olly.

Pasangan petahana Olly-Steven diusung PDI-P dan didukung oleh Gerindra, Perindo, PSI, PKB, dan PPP.



  • Share

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com