bar-merah

Akan ada hujan lebat saat pergantian tahun

hujan
Ilustrasi hujan (Foto: Pexels)

ZONAUTARA.com – Momen pergantian tahun kali ini akan diwarnai dengan turunnya hujan lebat, setidaknya di 19 provinsi. Prediksi itu dikeluarkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk memberi peringatan prakiraan cuaca pada saat awal pergantian tahun 2021.

“BMKG mengeluarkan peringatan prakiraan cuaca yang menyatakan bahwa 19 Provinsi di Indonesia berpotensi akan mengalami hujan lebat di awal tahun 2021 yakni pada Jumat (1/1) dan Sabtu (2/1),” ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati melalui keterangan tertulisnya.

Adapun 19 provinsi yang diprediksi hujan lebat di awal tahun 2021 itu yakni Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi dan DKI Jakarta.

Provinsi lain yang diprediksi mengalami hujan lebat adalah Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur dan Bali.

Kemudian Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Papua Barat dan Papua.

Khusus untuk wilayah DKI Jakarta, BMKG memprediksi akan terjadi hujan lebat pada malam pergantian baru yakni Kamis (31/12). Potensi hujan pada malam pergantian baru juga diprediksi terjadi di sekitar wilayah DKI yakni Tangerang, Tangerang Selatan dan Bekasi.

Kepala BNPB, Doni Monardo, mengimbau masyarakat untuk senantiasa waspada dalam menghadapi cuaca buruk. Menurutnya, cuaca buruk dapat memicu terjadinya banjir dan tanah longsor.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com