bar-merah

Sudah 2 bulan Jack Ma tak ada kabar, kemana dia pergi?

Jack Ma
Jack Ma (Foto: Getty Images)

ZONAUTARA.com – Berbagai media internasional memberitakan soal Jack Ma. Salah satu orang terkaya di dunia ini tiba-tiba menghilang tanpa kabar. Daily Mail menyebut Jack Ma sudah dua bulan tidak tidak ketahui keberadaanya.

Jack Ma, pendiri Alibaba dengan aset sekitar 6,3 miliar dollar AS atau setara Rp 850 triliun itu diduga melakukan semacam ‘pelanggaran’ terhadap Presiden Cina Xi Jinping.

Pada Oktober 2020 lalu, Jack Ma mengritik regulator keuangan “pegadaian” negara komunis itu. Dia juga melontarkan kritik kepada bank-bank milik negara saat berpidato di Shanghai pada Oktober 2020.

Jack Ma menyerukan dilakukannya reformasi sistem yang menahan inovasi bisnis. Dia pun meminta perbankan Cina menyamakan aturan dengan dunia internasional.

Jack Ma
Jack Ma (Foto: Getty Images)

Perselisihan Ma juga terjadi dengan pemerintah Cina soal penangguhan IPO bisnis Ma. Alibaba merupakan perusahaan raksasa di Cina bahkan global.

Setelah kritik dan perselisihan itu, Jack Ma tak pernah lagi muncul di publik. Bahkan pada episode terakhir ‘Africa’s Business Heroes’, sebuah pertunjukan bakat Jack Ma Foundation, dimana 10 pengusaha Afrika diberi hibah total 1,5 juta dollar AS atau sekitar Rp20,8 miliar untuk mewujudkan ide-ide mereka, Ma tak hadir.

Berbagai spekulasi merebak atas menghilangnya Jack Ma selama dua bulan ini. Tapi tak satu pun yang menyebut kemana Jack Ma pergi.

Otoritas Cina juga belum memberi keterangan secara resmi atas menghilangnya Jack Ma.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



TAGGED:
Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com