ZONAUTARA.com – Siapakah orang terkaya di Asia? Nama Jack Ma selalu disodorkan sebagai orang paling kaya di Asia. Jack Ma merupakan pemilik usaha group raksasa Alibaba.

Tetapi baru-baru ini, Forbes melalui perhitunga real-timenya menyebut bukan Jack Ma yang saat ini menjadi orang terkaya di Asia.

Kini orang terkaya di Asia berasal dari India. Dia bahkan masuk dalam jajaran 10 orang terkaya di dunia.

Siapakah dia? Dia adalah Mukesh Ambani, yang nongkrong di peringat ke-7 dunia orang terkaya. Ambani kini memiliki kekayaan bersih sebesar USD 80,3 miliar.

Kekayaan Ambani itu jika dirupiahkan dengan kurs saat ini, setara sekitar Rp 1.181 triliun.

Ambani merupakan chairman dan pemegang saham terbesar Reliance Industries. Harta Ambani didapatkannya dari perusahaan ini.

Reliance Industries bergerak di banyak bidang usaha. Salah satunya yang memberikan pemasukan besar adalah pengembangan jaringan 5G melalui anak perusahaannya, Jio.

Ambani melalui Jio berambisi kuat menjadikan India, negara dengan jumlah penduduk yang besat itu bebas dari 2G (2G-mukt).

Jio akan mempercepat perpindahan 350 juta warga India yang masih menggunakan jaringan 2G ke smartphone dengan harga terjangkau pada koneksi 5G.

Dikutip dari Times of India, Ambani mengatakan bahwa warga India menunggu peningkatan kemampuan ponsel konvensional dengan harga yang terjangkau.

Kami percaya kami bisa mendesain entry-level 4G bahkan smartphone 5G,” ucap Ambani.

Tak hanya itu, Ambani mengumumkan Jio bekerjasama dengan Google untuk membangun operating system berbasis Android. Itu berarti Ambani dan tim tidak pernah main-main untuk mewujudkan cita-cita India bebas 2G.

Mengenai latar belakang edukasi Ambani, ia dikenal sebagai sosok yang pintar dan masuk universitas terbaik dengan jurusan Chemical Engineering dari Institute of Chemical Technology.

Ambani melanjutkan studi di Stanford University untuk gelar MBA namun memutuskan keluar untuk membantu sang ayah membangun Reliance yang justru membawanya jadi orang terkaya se-Asia.

Bagikan !