ZONAUTARA.comPesawat terbang adalah transportasi paling aman jika dibandingkan dengan transportasi lainnya, peluang anda meninggal dalam kecelakaan pesawat adalah satu banding jutaan.

Tapi tidak sedikit orang yang masih penasaran dan bertanya-tanya dimana kursi paling aman di pesawat ketika terjadi kecelakaan. Ternyata kursi paling aman di pesawat itu tergantung dari jenis kecelakaan yang dialami.

Menurut Alison Duquette yang merupakan juru bicara FAA (Federal Aviation Administration), setiap insiden atau kecelakaan pesawat itu berbeda-beda, bisa berupa tabrakan di runway, pendaratan darurat, jatuh di laut, dan lain-lain. Jadi sebenarnya tidak ada kursi di pesawat yang seratus persen aman.

Tapi, tahun 2007 majalah Popular Mechanics menganalisis data NTSB (Nasional Transportation Safety Board) untuk setiap kecelakaan pesawat di Amerika sejak 1971 yang terdapat penumpang korban jiwa dan korban selamat.

Kesimpulan yang didapat adalah penumpang yang duduk di dekat ekor pesawat memiliki kemungkinan selamat 40 persen lebih besar dibanding dengan penumpang yang duduk di depan ketika terjadi kecelakaan.

Hasil analisis Popular Mechanics menjelaskan bahwa kursi di bagian depan memiliki peluang selamat sebesar 49 persen, kemudian kursi tengah yang berada dekat sayap maupun sisi lorong tingkat keselamatannya meningkat jadi 56 persen, sementara untuk kursi bagian belakang yang berada di belakang sayap memiliki tingkat keselamatan 69 persen.

Pada tahun 2015, Majalah Time juga melakukan analisis yang sama namun kali ini data yang digunakan adalah milik FAA selama 35 tahun. Tapi analisa dipersempit pada 17 kecelakaan yang terjadi sejak tahun 1985 yang memiliki korban jiwa dan korban selamat serta bagan tempat duduk penumpang yang bisa diakses.

Time menemukan bahwa kursi yang berada di sepertiga tengah kabin adalah yang paling tidak aman karena memiliki tingkat kematian 44 persen, dan pada kursi bagian tengah dan depan masing-masing 39 dan 38 persen.

Sementara untuk kursi dengan baris ketiga dari belakang memiliki tingkat kematian sebesar 32 persen, dan yang paling aman menurut Time adalah kursi tengah di bagian belakang pesawat yang hanya memiliki tingkat kematian sebesar 28 persen.

Menurut peneliti Time, secara umum kursi di bagian belakang pesawat adalah yang paling aman, walaupun keadaan spesifik dari setiap kecelakaan mungkin membuat angka rata-rata ini tidak relevan.

Tentu saja selain berpatokan pada analisa ini, cara lain untuk meningkatkan peluang bertahan hidup dimanapun anda duduk di pesawat yaitu dengan memperhatikan breafing keselamatan yang diperagakan oleh awak pesawat, dan mengetahui letak pintu darurat.

Sumber : suara.com

Bagikan !